Log In

Menumbuhkan Minat Baca di Era Digital

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini merupakan salah satu bentuk globalisasi yang selalu meningkat dibagian teknologi dan komunikasi. Globalisasi tidak hanya terjadi dalam masalah alam tapi juga masalah kebutuhan bagi kelangsungan hidup manusia. Berbagai cara telah diusahakan demi kelangsungan hidup manusia dengan perolehan yang mudah dijangkau oleh seluruh penjuru dunia. Kebutuhan dapat dipenuhi dengan mudah karena adanya bantuan teknologi yang maju yakni menggunakan internet.

Perkembangan internet yang terjadi dari masa ke masa telah mengalami kemajuan yang sanagat pesat. Kemudahan dalam melakukan aktifitas pun dapat dibantu oleh adanya akses internet yang luas dan hampir semua orang di dunia ini menggunakan internet terutama untuk berkomunikasi, mencari berita, membaca, bekerja dan memenuhi kebutuhan informasi. Perkembangan teknologi yang terjadi setelah adanya internet telah membutakan manusia bahwa sebenarnya bertemu secara langsung dan membaca buku merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan lebih mendapatkan banyak ilmu menarik yang tidak kita dapatkan melalui dunia internet.

Masyarakat saat ini lebih memilih untuk menggunakan Gadget sebagai alat pemenuhan keinginan, melainkan dengan berinteraksi secara langsung dan membaca buku yang terkait dengan kebutuhan. Minat membaca dikalangan masyarakat juga menjadi kurang karena untuk mendapatkan buku tergolong susah di tempat tertentu. Di Kabupaten Kulonprogo, Kecamatan Kokap, tepatnya Desa Hargotirto dan Hargorejo merupakan salah satu desa yang telah bekerjasama dengan Mitra Wacana WRC dalam membangun minat membaca dikalangan masyarakat, baik perempuan, laki-laki, remaja dan anak-anak.

“Kalo ibu-ibu banyak yang pinjam terus bawa ke rumah, tapi kalau remaja paling cuma lihat-lihat bentar terus pergi lagi” ungkap Partini yang merupakan salah satu anggota P3A (Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak) di Desa Hargotirto saat ditemui dikediamannya untuk menerima sumbangan buku dari Mitra Wacana pada Rabu, 15 November 2017.

Minat membaca memang telah banyak berkurang dikalangan masyarakat, apalagi dengan adanya hotspot Wi-fi yang terpasang hampir disetiap rumah di Desa Hargotirto. Pemasangan Wi-fi merupakan cara yang ditempuh oleh masyarakat dalam memperoleh komunikasi yang mudah disana, karena sulitnya sinyal jaringan biasa pada ­Handphone, karena itu masyarakat lebih memilih Gadget dibanding buku dalam memperoleh ilmu berupa bacaan, dan memilih media sosial daripada berkomunikasi secara langsung. Kemudahan yang diperoleh dengan adanya internet memang banyak sekali karena dianggap lebih efisien, praktis dan lengkap, namun tidak menutup kemungkinan internet menjadi penghalang bagi masyarakat untuk memperoleh hal yang lain dari membaca buku dan berinteraksi secara langsung.

Membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang mampu menyehatkan otak dan membantu pikiran mengembangkan yang dimaksud oleh penulis. Dengan bantuan membaca buku atau hasil pencarian di internet memang tidak jauh berbeda, namun harus bijak dalam memilih bacaan, karena tidak semua bacaan sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Berkomunikasi secara langsung juga dinilai lebih baik bagi diri kita sendiri, bagi orang lain dan dapat memperkuat tali silaturrahmi. (Ridha & Nia).

Tagged under
0 comments