Log In

Organisasi Anggun Kalirejo Tolak Kekerasan Terhadap Perempuan

Sejumlah perempuan yang tergabung dalam Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak desa Kalirejo, Kokap, Kulon Progo mendiskusikan persoalan maraknya kekerasan terhadap perempuan dan anak serta pencegahannya di Masjid desa tersebut bersama dua pendamping dari Mitra Wacana WRC, Erna Novitasari (pendamping komunitas) dan Ika Septy Wulandari (kordinator lapangan). pada Sabtu (26/3).

Dalam pertemuan tersebut, para peserta resiko dan dampak perempuan apabila mengalami kekerasan. Perempuan apabila mengalami kekerasan bisa mengalami trauma yang panjang, ungkap Septy. Peserta yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mendiskusikan apa penyebab kekerasan, beberapa diantaranya karena masih adanya budaya mengunggulkan laki-laki, perlakukan pilih kasih antara laki-laki dan perempuan, serta masih kuatnya mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa perempuan harus “manut” kepada suami.

Selain mendiskusikan permasalahan kekerasan terhadap perempuan, mereka membahas mengenai keberadaan P3A yang diminta untuk terlibat dalam rencana pembentukan Forum Perlindungan Korban Kekerasan tingkat kecamatan pada April bulan depan (4/4). Selesai pertemuan, para peserta diajak oleh anggota P3A, Rubiyem untuk bersantap buah manggis. (Erna/Tnt)

Tagged under
0 comments