Log In

Pelestarian Lingkungan Untuk Peningkatan Perekonomian

Kerjasama talkshow Mitra Wacana WRC WRC dengan Radio Kartika Indah Swara Jogja selalu dilaksanakan setiap bulan. Untuk bulan ini jadwal talkshow di radio tersebut pada Senin, 18 Desember 2017. Tema khusus yang diangkat adalah Ekonomi dan Lingkungan. Kegiatan siaran mendapatkan slot waktu sekitar 1 jam, yakni pukul 11.00-12.00 WIB. Namun karena tema dirasa cukup menarik, diskusi dengan pendengar melebihi waktu yang ditentukan hingga ada penambahan sekitar setengah jam. Tema ini sengaja dipilih karena kondisi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang beberapa waktu lalu sempat dilanda bencana banjir. Untuk itu Mitra Wacana WRC memandang perlunya memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pelestarian lingkungan dan bagaimana memanfaatkan kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi.

Narasumber yang dihadirkan pada talkshow kali ini adalah Bapak M. Farid Cahyono (aktivis lingkungan). Pemaparan menarik dari beliau mampu memantik para pendengar untuk bertanya lebih jauh tentang lingkungan dan bagaimana tanaman mampu diberdayakan sebagai pendukung perekonomian. Ulasan-ulasan tentang tanaman yang memiliki komoditas ekenomi tinggi, bagaimana cara menanam dan merawatnya, hingga cara menjual produk akhir dari tanaman agar berdaya beli tinggi di pasaran menjadi titik utama pembahasan. Menurut beliau, dalam pengelolaan perekonomian berbasis pelestarian lingkungan harus memiliki perencanaan yang matang untuk jangka panjang, misalnya seperti penanaman pohon jati sebagai investasi.

Dalam talkshow kali ini pendengar sangat aktif bertanya hingga beberapa ada yang berulang kali menelephon ke radio, yakni Bapak Danil dan Bapak Syamsuri. Ketertarikan pendengar lebih banyak tentang bagaimana cara menanam dan merawat tanaman terutama pohon jati, agar tepat teknologi dan tepat pemasaran, serta perencanaan ke depan untuk menjual produk tidak hanya sebagai kayu mentah saja. Karena kebetulan narasumber adalah seorang petani jati maka diskusipun mampu mengupas tuntas menjawab permasalahan dari para pendengar. Tidak hanya itu saja, beliau juga memberikan analisis bisnis dan apa yang akan diperoleh dari aktivitas pelestarian lingkungan untuk mendukung perekonomian. Beliau sangat mendorong dan mendukung masyarakat untuk melestarikan lingkungan, bahkan beliau membawakan 50 bibit pohon jati jenis Kumbokarno ke stasiun radio untuk dibagikan ke masyarakat secara gratis bagi yang membutuhkan.

Pelestarian lingkungan sangat banyak manfaatnya meskipun tidak harus selalu ditujukan untuk perekonomian. Pelestarian lingkungan melalui penghijauan akan mampu meningkatkan kadar oksigen bersih, merawat ekosistem, mengurangi bencana banjir dan kekeringan, serta berkontribusi besar terhadap pengurangan efek rumah kaca. Oleh karena itu, masyarakat sangat perlu melestarikan lingkungan agar kualitas kehidupannya juga meningkat seiring dengan peningkatan kesejahteraan dan kualitas pendidikan. Selain itu, manfaat besar yang tak kalah penting adalah untuk mewariskan generasai mendatang tempat tinggal yang nyaman dan pemandangan alam yang menawan. (Muna/Tnt)

Tagged under
0 comments