Log In

Mencermati Penulisan Berita

Untuk mengemas informasi yang menarik maka Mitra Wacana WRC bekerjasama dengan Combine mengadakan pelatihan penulisan beritan di kantor Mitra Wacana  Jalan Pelem Wulung No 42 Gedongan Baru, Banguntapan Bantul pada Kamis (28/6) dimulai pukul 10.30 – 15.30 WIB.

Menurut Khairul Anam fasilitator yang diturunkan combine berita yang menarik harus memuat Apa kejadiannya (what), dimana tempat kejadiannya (where),kapan kejadian tersebut berlangsung (when), siapa saja yang terlibat dalam kejadian tersebut (who), mengapa bisa terjadi (why) dan bagaimana kejadian tersebut berlangsung (How). Untuk memudahkan mengigat keruntutan penulisan dengan “rumus” 5 W + 1 H.

Khairul mengimbuhkan untuk membuat berita menjadi akurat perlu untuk melakukan penggalian data primer yaitu data dari orang yang mengalami langsung kejadian tersebut, kemudian juga bisa dilakukan penggalian  data sekunder misalnya dari referensi yang sudah ada. Pada berita yang akan diturunkan pun perlu juga memperhatikan “piramida” penulisan. Ibarat piramida terbalik pada lapisan atas piramida berita.

Sudut pengambilan berita juga menentukan manarik atau tidaknya berita, menjual atau tidak, penting atau tidak. Menurut Khairul, harus ada yang ditulis paling penting, kemudian lapis kedua kurang penting dan yang paling bawah adalah yang tidak penting. (vie)

Tagged under
0 comments