Log In

Program Mitra Wacana WRC di Banjarnegara

Di kabupaten Banjarnegara Mitra Wacana WRC memiliki program Penguatan Masyarakat untuk Penghapusan Kekerasan Seksual Terhadap Anak yang mendapat dukungan dari AWO International untuk periode 2014-2016. Program ini ditujukan untuk penghapusan kekerasan seksual terhadap anak di level desa, melalui penguatan kelompok perempuan dan anak.

Intervensi program dibangun dalam dua ranah. Pertama, pendidikan kritis untuk komunitas perempuan dan anak sebagai modal penguatan civil society di tingkat desa. Kedua, di tingkat pemerintah desa diharapkan memiliki pengetahuan dan kesadaran yang berkeadilan gender, serta memiliki komitmen melakukan pencegahan, penanganan kekerasan seksual terhadap anak.  Hasil intervensi diharapkan ada pencapaian perubahan komunitas sebagai pemimpin pembaharu di desa. Sedangkan untuk aparat pemerintah desa memiliki kebijakan berperspektif perempuan dan anak yang adil gender.

Dalam prorgam tersebut, Mitra Wacana WRC menemani dua desa di dua kecamatan, yaitu Karangjati dan Berta kecamatan Susukan. Bondolharjo dan Petuguran kecamatan Punggelan. Dalam kurun waktu satu tahun, masing-masing desa tersebut sudah terbentuk Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A). Untuk kelompok perempuan telah terbentuk Women Care (WOCA) Karangjati, Lentera Hati (LH) Berta, Serikat Bondolharjo Peduli (SEJOLI) Bondolharjo dan Pelita Wanita Petuguran (PWP) Petuguran. (Enk)

Tagged under
0 comments