Log In

Relawan Purworejo Diajari Buat Komik Anti KDRT

Laporan Reporter Tribun Jogja Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Hampir semua orang menyukai komik. Rupanya prinsip itulah yang dipakai oleh komunitas pencegahan dan penghapusan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) untuk menyampaikan pesan anti KDRTnya.

Tiga komunitas anti KDRT di Purworejo pada Minggu (15/7/2012) mengikuti pelatihan media kampanye untuk menyampaikan pesan anti KDRT. Bertempat di aula SDN Purworejo, tiga komunitas yang aktif menggerakkan kesadaran anti KDRT belajar membuat media kampanye berupa komik. Sebagai fasilitator adalah seniman gambar asal Yogya, Doni Blero.

Ketua panitia Wahyu Tanoto menuturkan, acara ini merupakan satu cara yang ditempuh untuk menyampaikan pesan anti KDRT. “Kalau memakai pendekatan biasa yaitu dengan berbicara, para anggota komunitas pendamping korban KDRT cenderung diremehkan. Namun apabila memakai media kreatif seperti komik, orang akan cenderung tertarik,” ungkapnya.

Seorang peserta bernama Anik Khomsatun (38) terlihat antusias mengikuti pelatihan ini. Beberapa kali ia bertanya pada Doni sebagai fasilitator. Dengan sabar Doni pun membantu Anik.

“Saya senang bisa diajari nggambar komik. Sebelumnya saya malah sama sekali tidak bisa menggambar,” jelas Anik. Ia berjanji, usai pelatihan ini ia akan mengajak rekan-rekan komunitasnya di kecamatan Grabag Purworejo untuk aktif berkampanye dengan komik.

Doni Blero sebagai fasilitator pun rajin berkeliling memantau para peserta yang sedang sibuk menggambar. Kepada Tribun Jogja ia menyatakan bahwa mengajar para peserta yang sebagian besar adalah perempuan dan sudah cukup berumur membuatnya memiliki pengalaman unik.

“Pokoknya gayeng lah. Saya harus mengajari mereka dari dasar. Ini bukan soal baik atau buruk, tapi bagaimana agar pesan mereka melalui komik tersampaikan,” jelasnya.

Pelatihan ini sendiri diadakan selama dua hari mulai Sabtu (14/7/2012) sampai Minggu (15/7/2012). Diikuti oleh sekitar 30 peserta dari komunitas Srikandi dari kecamatan Purworejo, Akpran dari kecamatan Kaligesing dan Gracia dari kecamatan Grabag, acara ini diselenggarakan oleh LSM Mitra Wacana yang aktif dalam penanganan dan pendampingan kasus KDRT di Purworejo. (*)

Penulis : Rento Ari Nugroho     ||     Editor : Hanan Wiyoko
Ikuti Tribunjogja.com melalui sosial media twitter @tribunjogja
Sumber:http://jogja.tribunnews.com/2012/07/15/relawan-purworejo-diajari-buat-komik-anti-kdrt

Tagged under
0 comments