web analytics
Connect with us

Rilis

Catatan Kecil, Peringatan Hari Buruh

Mitra Wacana WRC

Published

on

May-day-photo
Waktu dibaca: < 1 menit

1 Mei adalah hari buruh Internasional. Dimana pada tanggal ini banyak sekali para buruh sedunia akan merayakannya. Dan tak terkecuali di Indonesia. Umumnya peringatan ini diisi dengan demonstrasi dan orasi sebagai cara memperjuangkan hak dan perlindungan pekerja. Ini merupakan bentuk ekspresi dalam alam demokrasi.

Setidaknya ada 5 tuntutan dari aksi tersebut :
1. Kenaikan upah
2. Menjadikan 1 Mei menjadi hari libur nasional
3. Penghapusan system outsourcing
4. Memberlakukan segera system jaminan social yang sudah diundangkan.
5. Syahkan RUU PRT

Sejak 15 tahun yang lalu, Indonesia telah meratifikasi konvensi ILO No. 87 tentang kebebasan berserikat buruh. Banyak hal positif positif yang dicapai oleh gerakan buruh Indonesia, meskipun di sisi lain masih banyak membutuhkan perbaikan.
Dari sekian banyak persoalan buruh, isu yang paling menarik direnungkan, masih banyak tindak kejahatan seksual yang kerap diterima oleh para buruh wanita. Di Jakarta, terdapat sekitar 80.000 orang buruh. Sebanyak 90 persen dari angka tersebut merupakan buruh wanita dan 75 persen buruh wanita yang ada di Jakarta telah mengalami kekerasan seksual.

Dari catatan tahunan yang dikeluarkan oleh Komnas Perempuan tahun 2012, terdapat 216.156 kasus kekerasan seksual. Di antaranya diterima oleh buruh wanita sebanyak 2.521. Angka itu berdasar kepada buruh wanita yang melaporkan kejadian yang dialaminya. dan persoalan kekerasan terhadap buruh perempuan itu ibaratnya seperti gunung es. Harapan kita semua dengan peringatan may day ini, kasus kekerasan terhadap buruh bisa menurun. dan kesejahteraan buruh meningkat. Hidup Buruh, perjuangan masih panjang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kulonprogo

Launching Film ” Tanpa Sadar Aku Jadikan Barang Dagangan” karya Media Desa Demangrejo x Mitra Wacana

Mitra Wacana WRC

Published

on

Waktu dibaca: < 1 menit

Minggu (06/02/2022), Media Desa Demangrejo bersama Mitra Wacana menggelar launching film yang berjudul ” Tanpa Sadar Aku Jadikan Barang Dagangan” di Balai Desa Demangrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo.

Film tersebut diproduksi oleh Media Desa Demangrejo yang di sutradarai oleh Rofik Rohadi yang disupport oleh Mitra Wacana, isi dari film tersebut menceritakan kisah Senja yang dipekerjakan oleh ibunya melalui jasa penyaluran kerja yang ilegal hingga Senja depresi dan harus dirawat.

Selain pemutaran film acara tersebut juga diramaikan dengan Talkshow bedah film dan hiburan musik oleh Band ANGBER.

Acara disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Demangan Media, sedangkan di venue acara menerapkan protokol kesehatan dengan jumlah undangan terbatas.

Tayangan Youtube bisa disaksikan di link berikut:

Continue Reading

Who is Online

No one is online right now

Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending

EnglishGermanIndonesian
Mari bergabung bersama Mitra Wacana

Silahkan bergabung dan menjadi bagian dari Mitra Wacana.
Akan ada penghargaan untuk tulisan yang terpilih.
Terima Kasih

Gabung