web analytics
Connect with us

Uncategorized @id

Diskusi Perempuan Ahmadi

Mitra Wacana WRC

Published

on

Diskusi Perempuan Ahmadi ft Sophia Mitra Wacana

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 3 menit

Beberapa anggota tim Mitra Wacana menghadiri forum dikusi yang diselenggarakan oleh The Indonesian Consortium for Religious Studies (ICRS) dan Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS) di Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, Indonesia pada Rabu (6/4) . Diskusi tersebut membicarakan “Strategi Perempuan Ahmadi Indonesia, Melawan Kekerasan dan Mencegah Konflik “. Sebagai narasumber tunggal, Dr Nina Mariani Noor mempresentasikan disertasi PhD-nya tentang narasi perempuan Ahmadi dalam menangani konflik dan kaitannya dengan iman mereka sejak tahun 1998, periode pasca-reformasi di Indonesia.

Ketika saya dan dua orang teman tiba (sedikit terlambat), Bu Nina sedang berbicara tentang altruisme (sifat mementingkan kepentingan orang lain, perhatian terhadap kesejahteraan orang lain tanpa memperhatikan diri sendiri) dan cara perempuan Ahmadiyah di Indonesia membangun hubungan yang baik dengan masyarakat setempat. Mengetahui bahwa bu Nina tertarik isu-isu gender, salah satu peserta dari CRCS bertanya bagaimana Ahmadi melihat perempuan. Bu Nina mengakui bahwa Ahmadi adalah masyarakat patriarki, posisi tertinggi dipegang oleh laki-laki. Namun, mereka percaya bahwa sangat penting bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan sehingga mereka memiliki kelompok untuk keduanya, laki-laki dan perempuan. Bu Nina menyoroti bagaimana perempuan Ahmadiyah di Indonesia aktif dalam bidang sosial dan kemanusiaan, dan memberi contoh program perempuan. Upaya mereka merupakan mekanisme pertahanan tanpa kekerasan untuk menyelesaikan dan mencegah konflik.

Bagi saya dan beberapa teman, tema Ahmadi merupakan hal baru. Untungnya, bu Nina memberi gambaran tentang keyakinan mereka. Dia menjelaskan bahwa perbedaan utama antara Ahmadi dan Muslim lainnya adalah interpretasi mereka tentang Khataman Nabiyyin (penutup para nabi). Untuk Ahmadi, Muhammad adalah nabi terakhir, bukan yang terakhir dari para nabi, seperti yang dipercaya umat Islam lainnya. Ini berarti bahwa, untuk Ahmadi, ada kemungkinan Nabi baru.  Bagaimanapun, dia menekankan seorang nabi baru tidak akan membawa hukum baru. Ahmadi juga percaya bahwa kedatangan Yesus Kristus telah terjadi dalam bentuk Ghulam Ahmad (yang mendirikan sekte pada tahun 1889).

Bu Nina juga menguraikan beberapa kesalah pahaman kunci tentang Ahmadi. Beberapa orang mengatakan bahwa Nabi untuk Ahmadi adalah Ghulam Ahmad, tetapi sebenarnya Muhammad. Beberapa mengatakan bahwa kitab suci mereka adalah Tazkirah, tetapi sebenarnya Al-Qur’an. Beberapa orang juga mengatakan bahwa Ahmadi diminta untuk melakukan ziarah ke Rabwah, padahal sebenarnya Mekkah. Bu Nina menekankan bahwa Ahmadi mengikuti lima pilar yang sama dengan Islam. Sebagai umat Islam, deklarasi iman, shalat wajib, pemberian wajib, puasa di bulan Ramadhan dan (jika finansial dan fisik mampu) haji ke Mekah.

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh peserta adalah perbedaan antara bagaimana Ahmadi diperlakukan di Indonesia dibandingkan dengan Pakistan. Bu Nina menjelaskan bahwa ada hukum di Indonesia, sehingga mereka dilindungi oleh hukum dan dapat memecahkan masalah secara konstitusional. Di Pakistan, Ahmadi diklasifikasikan sebagai minoritas non-Muslim dan banyak dari mereka telah melarikan diri ke Eropa, Amerika Serikat dan Australia. Secara global diperkirakan ada sekitar 200 juta orang Ahmadi, meskipun sulit untuk mengkonfirmasi karena banyak survei tidak secara spesifik menghitung Muslim Ahmadi. Diperkirakan bahwa sekitar satu atau dua persen dari umat Islam di Indonesia adalah Ahmadi.

Peserta lain mempertanyakan bagaimana tanggapan perempuan Ahmadi tentang demokrasi di Indonesia terutama kebebasan beragama di bawah pemerintahan otoriter. Fakta bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam serangan terhadap Ahmadiyah di Indonesia sejak tahun 1998 menunjukkan bahwa demokrasi memberi kesempatan dan kebebasan kepada orang untuk melakukan tindakan diskriminatif terhadap minoritas, termasuk Ahmadi. Menurut bu Nina mengatakan bahwa Ahmadi masih memiliki kebebasan tetapi mereka harus sadar. Ahmadi menerima demokrasi yang sudah tiba di Indonesia dan Ahmadi adalah bagian dari Indonesia, di mana mereka ingin hidup.

Tema yang selalu di ulang dalam presentasi Bu Nina adalah bahwa Ahmadi merupakan bagian dari masyarakat Indonesia. Para perempuan yang di wawancarai untuk tesis PhD-nya, mereka semua berbagi harapan untuk kehidupan yang harmonis dan damai, di mana semua orang Indonesia menerima perlindungan dan perlakuan yang sama dari pemerintah. Dia menyatakan keinginan pribadinya sebagai Ahmadiah bisa  memiliki ruang negosiasi untuk diterima sebagai orang Indonesia dengan iman kita sendiri. Sophia

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Opini

BISNIS ONLINE MENJADI PILIHAN UNTUK MEWUJUDKAN HUBUNGAN GENDER

Mitra Wacana WRC

Published

on

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 3 menit

Oleh : Ewinda Adlina Hashifa (Mahasiswa Magang di Mitra Wacana WRC)

Dalam budaya patriarki, biasanya sulit bagi perempuan untuk memasuki sektor publik dan menghasilkan uang secara mandiri. Mereka harus bekerja di sektor domestik saja dan sesuai sifatnya. Mereka dilarang bekerja di luar karena dianggap melanggar aturan dan nilai-nilai di masyarakat. Tetapi saat ini, banyak wanita dapat bekerja di luar dan menjadi wanita karier. Pola pikir masyarakat telah berubah sehingga peran gender harus sama untuk mewujudkan kesejahteraan bersama di masyarakat.

Di era modern ini, beberapa wanita dapat bekerja di sektor publik untuk mencari penghasilan seperti halnya pria yang mencari penghasilan di luar. Perempuan dengan keterbatasan dalam hal pendidikan, keterampilan dan pengalaman kerja, peluang kerja, faktor biologis dan kemampuan fisik dapat bekerja dengan menjadi pekerja berbasis rumahan perempuan. Menjadi perempuan pekerja berbasis rumahan membuat perempuan dapat bekerja di ruang publik dan memiliki penghasilan tanpa meninggalkan pekerjaan rumah tangga mereka sehingga mereka dapat menyeimbangkan kedua pekerjaan pada saat yang sama.

Pekerja berbasis rumahan wanita dapat ditemukan di industri rumah tangga seperti toko kerajinan tangan, dan wanita membangun bisnis mereka dengan toko online tanpa membangun toko. Lebih jauh, membangun bisnis mereka sendiri dapat menjadi pilihan bagi perempuan yang memiliki keterbatasan latar belakang pendidikan dan keterampilan untuk menghasilkan pendapatan tetapi tetap di rumah, karena sifatnya yang informal. Saat ini, bisnis berbasis rumah menarik minat wanita untuk membantu suami mereka mendapatkan penghasilan tetapi masih melakukan pekerjaan rumah tangga di rumah.

Peningkatan peluang kerja bagi perempuan di sektor industri rumah tangga disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, memasuki usaha tidak membutuhkan pendidikan kelas tinggi. Kedua, kondisi yang dituntut oleh pekerja perempuan lebih mudah daripada pekerja laki-laki yang harus bekerja di luar. Sebagian besar, wanita yang memiliki latar belakang sosial berkualitas rendah memiliki keinginan kuat untuk bekerja. Rendahnya standar latar belakang ekonomi keluarga juga menjadi dorongan bagi perempuan untuk bekerja. Seiring dengan perkembangan zaman dalam teknologi, bisnis online mulai meningkat dan menjadi mudah diakses melalui banyak tempat pasar atau media sosial yang dapat membantu menjual produk secara luas dan cepat. Ini bisa menjadi pengaruh bagi wanita saat ini untuk menjadi lebih maju dengan mengembangkan bisnis rumah tangga mereka.

Bisnis online adalah peluang bagi perempuan untuk dapat mewujudkan kesetaraan gender dan membuktikan bahwa perempuan dapat menghasilkan pendapatan seperti halnya laki-laki tetapi dengan cara yang berbeda. Selain itu, banyak wanita mengembangkan bisnis berdasarkan hasil dari kebiasaan memasak mereka di rumah dan kemudian mereka memiliki ide untuk membuka restoran atau menjual beberapa jenis makanan ringan melalui sistem toko online. Selain itu, wanita juga melakukan bisnis mereka dengan sistem re-seller atau drop-ship yang diambil dari toko online lainnya sehingga mereka tidak memiliki produk yang dibuat sendiri. Selain itu, barang yang dibeli adalah pakaian, tas, dan lainnya.

Bagi wanita yang memiliki hobi berbelanja, maka mereka dapat membuka layanan pribadi melalui toko online. Di sisi lain, bagi wanita yang memiliki keterampilan lain seperti menenun, membuat kerajinan tangan, dan keterampilan kreatif lainnya, barang dapat dibeli di pasar online atau oleh toko fisik. Saat ini wanita mulai memajukan hubungan gender dalam keluarga mereka untuk berkontribusi bersama untuk menghasilkan pendapatan untuk digunakan sebagai keuangan keluarga. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan keluarga.

Hubungan gender adalah hubungan sosial antara pria dan wanita di masyarakat dan keluarga. Dalam kehidupan sosial, istri dan suami membangun interaksi dan kewajiban yang baik sebagai pasangan dalam keluarga. Tampaknya ada keterlibatan antara istri dan suami melakukan kolaborasi peran dan interaksi sosial. Hubungan gender dapat muncul dari kolaborasi antara suami dan istri yang bekerja baik berdasarkan tujuannya untuk meningkatkan keuangan keluarga agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

 Hubungan gender juga terlihat ketika seorang istri diizinkan oleh suaminya untuk membangun bisnis seperti industri rumahan atau hanya menjual kembali dan mengirim melalui toko online. Memberi izin kepada istri juga termasuk dalam hubungan gender karena laki-laki memberikan kebebasan kepada istri mereka untuk membuat keputusan. Wanita saat ini tidak lagi menjadi objek bawahan. Mereka memiliki kebebasan untuk bekerja dan menghasilkan pendapatan sendiri, dan tidak bergantung pada suami mereka lagi. Selain itu, penghasilan yang mereka dapatkan juga untuk kepentingan keluarga. Wanita saat ini dapat membantu menjadikan peran sebagai sumber keuangan keluarga. Tampaknya istri dan suami berkolaborasi untuk mewujudkan hubungan gender. Kesimpulannya, saat ini perempuan dapat bekerja dari rumah dengan menjadi pekerja berbasis rumahan perempuan.

Toko online adalah alternatif bagi wanita untuk menghasilkan pendapatan secara mandiri tanpa tergantung pada jumlah mereka. Ada banyak pasar melalui aplikasi atau melalui media sosial untuk menjual barang-barang mereka secara luas. Wanita yang membuka toko online mereka dapat membantu keuangan keluarga karena sumber keuangan tidak hanya dari suami tetapi juga dari istri. Istri dan suami membangun kolaborasi peran yang meningkatkan kesejahteraan keluarga. Ini menunjukkan bahwa hubungan gender antara suami dan istri dapat bekerja dengan baik.

Continue Reading

Who is Online

No one is online right now

Advertisement

Twitter

Trending

Mari bergabung bersama Mitra Wacana

Silahkan bergabung dan menjadi bagian dari Mitra Wacana.
Akan ada penghargaan untuk tulisan yang terpilih.
Terima Kasih

Gabung