web analytics
Connect with us

Uncategorized @id

MITRA WACANA WRC BERI PENGUATAN P3A DI BANJARNEGARA

Mitra Wacana WRC

Published

on

Dokumentasi Pertemuan dengan P3A di Banjarnegara Jawa Tengah. Foto: Rully

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 2 menit

BANJARNEGARAZONE – Mitra Wacana WRC merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat berkantor di yogyakarta fokus pada penanganan dan pencegahan kekerasan terhadap perepuan. Mitra wacana sendiri sudah lama mendapingi 4 desa di 2 kecamatan yaitu didesa berta dan karangjati kecamatan susukan serta desa punggelan dan bondolharjo di kecamatan punggelan. Dalam pendampingan yang dilaksanakan hampir 5 tahun ini mulai dari akhir 2013 sampai dengan 2017 berhasil membentuk kelompok P3A (Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak) dimasing-masing desa. Untuk kelompok di Desa Berta mereka manamainya dengan Lentera Desa Berta “Lentera Hati”, di Karangjati sendiri mereka menamainya dengan nama WOCA (Women Care) desa karang jati. Dari kedua desa tersebut kemudian mereka membentuk P3A dengan nama CAWANSUSU (Cahaya Wanita Susukan). Sedangkan untuk kelompok di Desa Bondolharjo ada Serikat Bondolharo Peduli yang sering disingkat “SEJOLI” dan Pelita Wanita Petuguran “PWP” di Desa Petuguran. Setiap P3A dimasing masing desa tersebut saling terkordinasi dengan membentuk kelompok ditingkat kecamatan masing masing.

Sabtu (24/2/2018) Mitra Wacana WRC melakukan penguatan akhir di kelompok setelah 5 tahun didampingi, pertemuan ini dimaksudkan agar setelah pendampingan yag dilakukan oleh mitra wacana ini dapat berlangsung walau tanpa ada pendampingan lagi. Kegiatan yang dilaksanakan di rumah makan sari rahayu 2 di jalan gumiwang kecamatan purwanegara kabupaten banjarnegara ini dihadiri langsung oleh direktur lama dari Mitra Wacana WRC, Rindang Farihah dan direktur baru Imelda Zuhaida yang dilantik beberapa waktu yag lalu. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh perwakilan dari pengurus P3A di masing masing desa, staf mitra wacana, community organizer (CO) serta Kades dari Besa Berta dan Karangjati.

Pada kesempatan ini setiap perwakilan dari masing masing P3A memberikan statmen selama didampingi oleh mitra wacana. Seperti kades karangjati ibu kusyati menyampaian bahwa pendampingan yang dilakukan oleh mitra wacana melalui program AWO Internasional e.v. ini sangat membantu pemerintah desa khususnya dalam memberikan pembelajaran masyarakat. Dengan adanya program ini ibu ibu yang dulu hanya sekedar ngrumpi di teras kemudian mereka belajar bahkan sampai mendampingi warga lain yang mempunyai masalah terkait dengan kekerasan terhadap perempuan baik itu pemerkosaan, KDRT dan juga pelecehan seksual. Tercatata ada beberapa kasus yang telah ditangani oleh P3A Karangjati dan sudah tuntas sampai sekarang.

Selain membentuk kelompok P3A khusus untuk ibu ibu mitra wacana juga membentuk P3A remaja remaja di setiap desa. Menurut Purwanti, selaku CO di desa Karangjati, kegiatan P3A lebih cederung ke kegiatan kegiatan sosialisasi konselor sebaya dan membuat film anti kekerasan. Dan film tersebut dijadikan sebagai media pembelajaran anti kekerasan terhadap perempuan dan anak di tingkat kecamatan susukan.
Cerita sukses dari pendampingan mitra wacana selama ini kemudian di bukukan oleh ibu ibu dari P3A agar bisa digunakan untuk pembelajaran di masyarakat. Dalam buku yang tersebut lebih menekankan kepada proses penanganan dan pencegahan dari setiap permasalahan yang dihadapi oleh kelompok P3A.

“Kami sangat bangga dengan P3A yang ada di 4 desa ini, walaupun sudah tidak didampingi lagi oleh mitra wacana akan tetapi malah memberikan kejutan dengan membuat jejaring ditingkat kecamatan dan kabupaten. Buku yang telah ibu ibu buat tersebut mengingatkan kita bahwa setiap keberhasilan selalu melewati proses yang tidak mudah.” Ungkap Rindang Farihah direktur Mitra Wacana WRC 2013 – 2017.

Sumber: https://www.wonosobozone.com/mitra-wacana-beri-penguatan-p3a-di-banjarnegara/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uncategorized @id

E-Sertifikat Ngobras Bareng Mitra Wacana

Robi Setiyawan

Published

on

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 2 menit

        1. Sertifikat 1 Shafa Rizki Salsabil

        2. Sertifikat 2 SITI ZUBAIDAH

        3. Sertifikat 3 EKA FAJAR SETIAWAN

        4. Sertifikat 4 NIKEN AYUNINGTYAS

        5. Sertifikat 5 SRI NOVENI

        6. Sertifikat 6 MUFLIHATURROHMAH

        7. Sertifikat 7 ARINA MANASIKANA

        8. Sertifikat 8 ENJELIKA PALINOAN

        9. Sertifikat 9 RISKAWATI

        10. Sertifikat 10 HAPPY PUTRI FITRIN ARIYANA

        11. Sertifikat 11 KHOFIFATUN NISA

        12. Sertifikat 12 FATHIA CINTYANING

        13. Sertifikat 13 ANGGI CLARA NURITA

        14. Sertifikat 14 RIZKI NUR MAWANTI

        15. Sertifikat 15 ORYZHA WAHYU NUGRAHA

        16. Sertifikat 16 WAHYU CHOIRUNNISA P

        17. Sertifikat 17 ROHMAH FITRIYANA

        18. Sertifikat 18 AZIZAH FEBRIAN RAHMAWATI

        19. Sertifikat 19 ANGGI OKTAVIANDA

        20. Sertifikat 20 LARASATI INDAH SWASTI

        21. Sertifikat 21 USLUM MUFIDATUL LAILA

        22. Sertifikat 22 GIOVANI

        23. Sertifikat 23 ISTIQOMAH

        24. Sertifikat 24 WILLY KURNIAMAN LASE

        25. Sertifikat 25 NDARU TEJO LAKSONO

        26. Sertifikat 26 YHANU SURYO ASMORO

        27. Sertifikat 27 RADITYA RASYADUL IHSAN

        28. Sertifikat 28 DINI SITATUN NUR HIDAYATULLAH

        29. Sertifikat 29 ROBITHOTUL HUSNA

        30. Sertifikat 30 NOVARIA INTAN NABILLA

        31. Sertifikat 31 DEVI SYAMSYAH A.F

        32. Sertifikat 32 OKTHI RAIHAN UTAMI

Continue Reading

Who is Online

No one is online right now

Advertisement

Twitter

Trending

Mari bergabung bersama Mitra Wacana

Silahkan bergabung dan menjadi bagian dari Mitra Wacana.
Akan ada penghargaan untuk tulisan yang terpilih.
Terima Kasih

Gabung