web analytics
Connect with us

Organ Reproduksi

This post is also available in: Indonesia

Informasi tentang organ reproduksi penting dimiliki oleh setiap orang untuk memahami organ yang dimiliki serta tahu bagaimana menjaganya. Organ reproduksi yang dimiliki oleh laki-laki dan perempuan sebagai berikut:

a. Perempuan

Organ Reproduksi Perempuan

Keterangan :

Rambut kemaluan, yang menutupi sebagian alat kelamin perempuan bagian luar, mempunyai fungsi melindungi bagian dari alat kelamin lainnya yang lebih dalam. Rambut kemaluan dapat dibersihkan dengan sabun saat mandi. Sebagian orang memotong rambut kemaluannya menjadi lebih pendek. Ini adalah pilihan, dan dapat dilakukan. Namun saatmemotong rambut kemaluan disarankan menggunakan gunting rambut ukuran sedang untuk menghindari infeksi akibat dari terjadinya perlukaan kulit.

Bibir besar kemaluan (labia mayora), yaitu daerah yang berambut, berfungsi sebagai pelindung dan menjaga agar bagian dalam tetap lembab.

Bibir kecil kemaluan (labia minora), yaitu daerah yang tidak berambut dan memiliki jaringan saraf sensorik yang luas yang sangat peka karena mengandung ujung syaraf.

Vagina, yaitu liang/saluran penghubung antara alat reproduksi perempuan bagian luar dan dalam. Pada saat perempuan terangsang secara seksual, pintu vagina akan melebar, rahim akan tertarik ke atas sehingga saluran vagina menjadi lebih panjang, dan dinding vagina akan mengeluarkan cairan yang akan berfungsi sebagai pelumas jika dilakukan penetrasi (penis masuk ke vagina).

Klitoris, organ seksual yang dapat ditemukan di ujung sebelah atas, tempat pertemuan antara kedua labia minora (bibir kecil kemaluan). Di dalam organ ini terdapat banyak saraf, sehingga sebagian besar perempuan dapat mencapai orgasme saat bagian klitoris ini dirangsang.

Hymen atau Selaput dara. Selaput tipis yang mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda. Selaput dara bisa sangat elastis sehingga tidak robek pada saat berhubungan seksual pertama kali. Namun selaput dara juga bisa sangat rapuh sehingga dapat robek karena aktivitas atau kecelakaan.

Keterangan:

Leher rahim terletak di bagian bawah rahim menonjol sedikit ke vagina. Leher rahim menghubungkan vagina dengan rahim, merupakan jalan masuk ke rahim. Leher rahim ini memproduksi lendir khusus yang kekentalannya berubah tergantung siklus menstruasi. Saat masa subur (masa disekitar peristiwa pelepasan sel telur oleh indung telur) leher rahim mengeluarkan lendir yang cair yang mudah dilewati sperma untuk berenang melewati leher rahim. Setelah masa subur selesai, lendir menjadi kental dan lengket sehingga sperma sulit melewatinya. Leher rahim ini yang merupakan tempat kanker leher rahim berkembang. Dengan pemeriksaan metode pap smear bisa mengetahui lebih awal tanda-tanda perubahan pada sel-sel leher rahim yang mengarah pada kanker leher rahim.

Rahim adalah tempat sel telur yang telah dibuahi menempelkan dirinya untuk berkembang menjadi janin selama 9 bulan kemudian. Rahim dibentuk oleh lapisan otot yang tebal dan kuat dan dapat membesar mengikuti pembesaran janin pada saat proses kehamilan. Lapisan rahim bagian dalam disebut endometrium. Endometrium adalah nama lapisan/jaringan pada permukaan dinding rahim yang berkembang dan meluruh secara rutin sebagai bagian dari siklus menstruasi. Lapisan ini menjadi sangat kaya akan pembuluh darah pada masa perempuan mengeluarkan sel telur (ovulasi) karena nantinya bila sel telur ini dibuahi oleh sperma, maka hasil pembuahan ini akan masuk dan melekat ke lapisan dinding rahim ini untuk terus berkembang menjadi janin. Namun, bila pembuahan tidak terjadi, lapisan ini akan terlepas, meluruh, keluar sebagai darah menstruasi.

Saluran Telur adalah saluran yang ada di kiri dan kanan rahim bagian atas, tempat telur bergerak dari indung telur menuju rahim. Di saluran telur ini biasanya pembuahan terjadi.

Indung telur adalah organ reproduksi yang ada di sebelah kiri dan kanan rahim. Setiap bulannya salah satu indung telur mengeluarkan satu sel telur.

 

b. Laki-laki

Keterangan :

Kantung zakar (scrotum), kantung lembut yang menahan dua buah testis berbentuk bola kecil.

Buah zakar (testis), dua bola kecil berisi sel-sel kecil yang disebut sperma (mulai dihasilkan waktu remaja). Sperma bisa keluar pada waktu remaja laki-laki mengalami “mimpi basah”.

Saluran sperma (vas deferens), adalah sebuah saluran bagi sperma dari testis menuju prostat.

Prostat, berfungsi menghasilkan cairan mani yaitu cairan lengket yang akan bercampur dengan sperma saat keluar dari penis saat ejakulasi.

Saluran kemih (uretra), saluran untuk dilalui oleh cairan mani yang mengandung sperma, dan juga saluran air kencing. Air kencing dan mani tidak akan keluar bersama-sama.

Batang kemaluan (penis), terbuat dari otot dan merupakan saluran untuk keluarnya air kencing maupun saluran keluarnya sperma. Ujung penis sangat peka karena mengandung banyak syaraf, sehingga bila diraba memberi rangsangan.

Epididimis adalah saluran dibelakang testis yang berfungsi sebagai tempat pematangan sperma.

Kepala penis (glans), adalah bagian paling depan dari batang kemaluan atau penis yang sangat banyak mengandung pembuluh darah. Ujung penis ini tertutup kulit yang biasanya dibuang (dikhitan atau disunat). Sunat dianjurkan karena memudahkan pembersihan penis sehingga mengurangi kemungkinan terkena infeksi atau penyakit lain.

 

 

Who is Online

No one is online right now

Advertisement

Twitter

Mari bergabung bersama Mitra Wacana

Silahkan bergabung dan menjadi bagian dari Mitra Wacana.
Akan ada penghargaan untuk tulisan yang terpilih.
Terima Kasih

Gabung