web analytics
Connect with us

Pelayanan berpusat pada perempuan

This post is also available in: Indonesia

Layanan berpusat pada perempuan adalah layanan yang memberikan hak kepada perempuan untuk memilih layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhannya. Perempuan memahami kebutuhannya sendiri dan memiliki hak untuk memutuskan layanan apa yang mau diakses. Penyedia layanan hanya membantu memberikan masukan dan penjelasan secara lengkap terkait keputusan yang diambil. layanan yang berpusat pada perempuan harus dilakukan dengan pendekatan komprehensif, memperhitungkan kondisi fisik, psikis dan untuk mendapatkan layanan secara lengkap.

Setiap perempuan memiliki hak yang sama untuk mendapatkan layanan. Konsep pelayanan yang berpusat pada perempuan harus mengedepankan hak perempuan dengan beberapa prinsip penting, seperti:

a. Ketersediaan pilihan (metode) untuk perempuan

  • Perempuan mempunyai hak untuk memutuskan kebutuhan tubuh dan kesehatannya tanpa dicampuri oleh orang lain.
  • Dalam APK, pilihan merupakan hak perempuan untuk:
  • Menentukan prosedur perawatan, kontrasepsi, penyedia dan fasilitas perawatan pasca keguguran yang akan digunakannya.
  • Diberi hak untuk merencanakan kehamilannya.
  • Mendapatkan informasi lengkap dan akurat tentang metode yang disediakan.
  • Memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan kekhawatiran terkait pelayanan, tenaga kesehatan harus memberikan hak perempuan untuk memilih terlepas dari usia atau status perkawinannya.

b. Keterjangkauan akses layanan bagi semua perempuan

Perempuan berhak mendapatkan akses layanan yang terlatih dan kompeten sehingga membuat perempuan merasa aman. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh penyedia layanan agar bisa menjangkau bagi semua perempuan:

  • Memiliki pelayanan yang mudah diakses masyarakat
  • Biaya yang terjangkau dan menyediakan layanan darurat terlepas dari kemampuan perempuan untuk membayar.
  • Jangan menolak layanan berdasarkan status ekonomi atau perkawinannya, usia, latar belakang pendidikan atau sosial, pandangan agama atau politik, ras atau kelompok etnis atau preferensi seksual.
  • Memberikan layanan tepat waktu.
  • Perlihatkan sikap hormat, perhatian, dan empatik.
  • Gunakan teknologi klinis yang sesuai.

c. Layanan yang berkualitas

Beberapa aspek mendasar dari perawatan berkualitas adalah:

  • Menyesuaikan perawatan dengan keadaan sosial dan kebutuhan perempuan.
  • Memberikan konseling dan informasi lengkap, termasuk untuk perempuan muda yang mungkin memerlukan lebih banyak informasi atau waktu untuk membuat pilihan yang berdasarkan informasi yang diberikan.
  • Memastikan kerahasiaan, privasi, rasa hormat dan interaksi positif antara perempuan dan staf fasilitas kesehatan, terlepas dari usia atau status perkawinan.
  • Menggunakan teknologi medis yang direkomendasikan secara internasional, khususnya aspirasi vakum manual (MVA) dan misoprostol.
  • Menggunakan standar yang telah ditentukan untuk pencegahan infeksi, manajemen nyeri dan penanganan komplikasi.
  • Menyediakan layanan kontrasepsi dan serangkaian pilihan metode kontrasepsi pasca keguguran untuk membantu perempuan mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan memastikan jarak anak yang sehat.
  • Menyediakan layanan kesehatan reproduksi dan lainnya, seperti skri-ning, diagnosis, dan pengobatan infeksi menular seksual (IMS) termasuk HIV, serta skrining dan konseling untuk kekerasan seksual.
  • Memastikan kebutuhan unik perempuan dipenuhi.
  • Memiliki sistem untuk peningkatan kualitas, termasuk keterlibatan dari anggota masyarakat.

Dalam memberikan layanan yang berkualitas kepada perempuan maka penyedia layanan harus mampu menghargai perempuan, tidak menstigma, tidak mendiskriminasi, dan menjaga kerahasiaan. Berikut gambar untuk konsep layanan berpusat pada perempuan:

 

Who is Online

No one is online right now

Advertisement

Twitter

Mari bergabung bersama Mitra Wacana

Silahkan bergabung dan menjadi bagian dari Mitra Wacana.
Akan ada penghargaan untuk tulisan yang terpilih.
Terima Kasih

Gabung