web analytics
Connect with us

Uncategorized @id

Pengumuman Magang di AFSC Indonesia

Mitra Wacana WRC

Published

on

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 2 menit

TERMS of REFERENCE
PROGRAM MAGANG PEMUDA UNTUK ISU KEBEBASAN BERAGAMA DAN BERKEYAKINAN (KBB)
AFSC INDONESIA

Posisi Magang : Magang Pemuda untuk Isu KBB
Peride Magang : 6 Bulan
Periode Magang : 1 Mei – 30 Oktober 2015
Jam Kerja : TBA
Lokasi Kerja : Yogyakarta
Supervisi : Peserta magang AFSC Indonesia akan bekerja di bawah supervisi dari Yogyakarta Program Officer (YPO)

A. Ringkasan Kerja
Magang Pemuda isu KBB akan bekerja sebagai peserta magang AFSC Indonesia untuk mengembangkan kegiatan program kepemudaan, perluasan serta penguatan jaringan dalam konteks kerja-kerja AFSC Indonesia serta mampu mengembangkan tugas-tugasnya terkait pengembangan, perluasan maupun konsolidasi jaringan kepemudaan yang kaitannya dengan isu KBB di Yogyakarta yang berkesesuaian dengan arah program AFSC Indonesia

B. Pelaporan
Peserta magang akan membuat workplan kegiatan serta menyusun dan menyampaikan logbook mingguan dan laporan kegiatan yang dilakukan secara tertulis kepada Yogyakarta Program Officer

C. Lingkup kerja dan tanggungjawab IYP digambarkan sebagaimana berikut:
1. Melibatkan diri dan menjadi partner belajar (peering activities) bagi orang muda (youth) di Yogyakarta sebagai agen-agen pembaharu di komunitas yang penuh semangat dan aktif.
2. Mendokumentasikan pengalaman-pengalaman belajar bersama dalam sebuah refleksi atas pengalaman-pengalaman melakukan pembelajaran partisipatoris mengenai keberagaman yang dapat dishare kepada mitra-mitra dan jaringan AFSC Indonesia yang lebih luas.
3. Memetakan dan mengkonsolidasi jaringan kepemudaan/youth dengan isu KBB di
4. Menghadiri dan mengikuti secara aktif diskusi-diskusi yang diadakan oleh mitra/jaringan AFSC Indonesia dan membuat catatan notulensi maupun rangkuman dari pertemuan atau diskusi tersebut
5. Menjalin hubungan atau relasi yang baik dengan rekan-rekan jaringan kepemudaan/youth di Yogyakarta
6. Dukungan terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh AFSC, seperti membantu dalam hal logistik (apabila diperlukan) termasuk konferensi, lokakarya atau kegiatan kunjungan yang dilakukan oleh AFSC serta dukungan lainnya yang dianggap perlu
7. Berpartisipasi dalam pertemuan dengan Country Representative (CR) dan staf administrasi untuk berkomunikasi dan berkoordinasi segala hal yang berhubungan dengan administrasi.
8. Bekerjasama dengan Tim Administrasi dalam mematuhi dan menjaga prosedur administrasi dan keuangan AFSC Indonesia.
9. Terlibat secara aktif dalam fasilitasi training Active Non Violence (ANV) yang dilakukan oleh kemitraan.

KRITERIA
1. Memahami dan mempunyai komitmen terhadap prinsip-prinsip, maupun perhatian dan pertimbangan-pertimbangan mengenai isu-isu kebhinekaan/pluralism, inklusifitas dan penghormatan terhadap sesame tanpa memandang ras, kelas sosial, kewarganegaraan, agama, umur, gender, orientasi seksual dan keterbatasan fisik (difabilitas).
2. Memiliki komitmen nir kekerasan, aktivisme, keadilan sosial, rasa keingintahuan yang besar dengan intuisi yang tinggi.
3. Memiliki interpersonal skill yang baik; menyenangkan, sopan, terbuka, dapat diandalkan, dan jujur, dan memiliki pengetahuan yang luas.
4. Teliti dan efisien dalam memenuhi komitmen dan tenggat waktu
5. Familiar dengan program komputer dasar (Word, Excel, Power Point, dll) dan internet

Apabila anda tertarik dan memenuhi kualifikasi di atas, kirimkan surat lamaran Anda beserta CV kurang dari 3 halaman, ditujukan kepada Country Representative-AFSC Indonesia melalui alamat email: moga@bina-damai.net dan di-cc: matius@bina-damai.net Paling lambat tanggal 25 April 2015 .

The American Friends Service Committee (AFSC) www.bina-damai.net is an affirmative action/equal opportunity employer, welcoming applications from qualified persons regardless of their religious affiliation rave, age, sex, gender identity, sexual orientation or disability. Women are encouraged to apply.

American Friends Service Committee (AFSC) www.bina-damai.net merupakan tindakan afirmatif/lembaga yang memberikan kesempatan yang sama, menyambut aplikasi dari orang yang memenuhi syarat, terlepas dari afiliasi agama mereka, ras, usia, jenis kelamin, identitas gender, orientasi seksual atau difabilitas. Ibu yang bekerja didorong untuk melamar.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Opini

BISNIS ONLINE MENJADI PILIHAN UNTUK MEWUJUDKAN HUBUNGAN GENDER

Mitra Wacana WRC

Published

on

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 3 menit

Oleh : Ewinda Adlina Hashifa (Mahasiswa Magang di Mitra Wacana WRC)

Dalam budaya patriarki, biasanya sulit bagi perempuan untuk memasuki sektor publik dan menghasilkan uang secara mandiri. Mereka harus bekerja di sektor domestik saja dan sesuai sifatnya. Mereka dilarang bekerja di luar karena dianggap melanggar aturan dan nilai-nilai di masyarakat. Tetapi saat ini, banyak wanita dapat bekerja di luar dan menjadi wanita karier. Pola pikir masyarakat telah berubah sehingga peran gender harus sama untuk mewujudkan kesejahteraan bersama di masyarakat.

Di era modern ini, beberapa wanita dapat bekerja di sektor publik untuk mencari penghasilan seperti halnya pria yang mencari penghasilan di luar. Perempuan dengan keterbatasan dalam hal pendidikan, keterampilan dan pengalaman kerja, peluang kerja, faktor biologis dan kemampuan fisik dapat bekerja dengan menjadi pekerja berbasis rumahan perempuan. Menjadi perempuan pekerja berbasis rumahan membuat perempuan dapat bekerja di ruang publik dan memiliki penghasilan tanpa meninggalkan pekerjaan rumah tangga mereka sehingga mereka dapat menyeimbangkan kedua pekerjaan pada saat yang sama.

Pekerja berbasis rumahan wanita dapat ditemukan di industri rumah tangga seperti toko kerajinan tangan, dan wanita membangun bisnis mereka dengan toko online tanpa membangun toko. Lebih jauh, membangun bisnis mereka sendiri dapat menjadi pilihan bagi perempuan yang memiliki keterbatasan latar belakang pendidikan dan keterampilan untuk menghasilkan pendapatan tetapi tetap di rumah, karena sifatnya yang informal. Saat ini, bisnis berbasis rumah menarik minat wanita untuk membantu suami mereka mendapatkan penghasilan tetapi masih melakukan pekerjaan rumah tangga di rumah.

Peningkatan peluang kerja bagi perempuan di sektor industri rumah tangga disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, memasuki usaha tidak membutuhkan pendidikan kelas tinggi. Kedua, kondisi yang dituntut oleh pekerja perempuan lebih mudah daripada pekerja laki-laki yang harus bekerja di luar. Sebagian besar, wanita yang memiliki latar belakang sosial berkualitas rendah memiliki keinginan kuat untuk bekerja. Rendahnya standar latar belakang ekonomi keluarga juga menjadi dorongan bagi perempuan untuk bekerja. Seiring dengan perkembangan zaman dalam teknologi, bisnis online mulai meningkat dan menjadi mudah diakses melalui banyak tempat pasar atau media sosial yang dapat membantu menjual produk secara luas dan cepat. Ini bisa menjadi pengaruh bagi wanita saat ini untuk menjadi lebih maju dengan mengembangkan bisnis rumah tangga mereka.

Bisnis online adalah peluang bagi perempuan untuk dapat mewujudkan kesetaraan gender dan membuktikan bahwa perempuan dapat menghasilkan pendapatan seperti halnya laki-laki tetapi dengan cara yang berbeda. Selain itu, banyak wanita mengembangkan bisnis berdasarkan hasil dari kebiasaan memasak mereka di rumah dan kemudian mereka memiliki ide untuk membuka restoran atau menjual beberapa jenis makanan ringan melalui sistem toko online. Selain itu, wanita juga melakukan bisnis mereka dengan sistem re-seller atau drop-ship yang diambil dari toko online lainnya sehingga mereka tidak memiliki produk yang dibuat sendiri. Selain itu, barang yang dibeli adalah pakaian, tas, dan lainnya.

Bagi wanita yang memiliki hobi berbelanja, maka mereka dapat membuka layanan pribadi melalui toko online. Di sisi lain, bagi wanita yang memiliki keterampilan lain seperti menenun, membuat kerajinan tangan, dan keterampilan kreatif lainnya, barang dapat dibeli di pasar online atau oleh toko fisik. Saat ini wanita mulai memajukan hubungan gender dalam keluarga mereka untuk berkontribusi bersama untuk menghasilkan pendapatan untuk digunakan sebagai keuangan keluarga. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan keluarga.

Hubungan gender adalah hubungan sosial antara pria dan wanita di masyarakat dan keluarga. Dalam kehidupan sosial, istri dan suami membangun interaksi dan kewajiban yang baik sebagai pasangan dalam keluarga. Tampaknya ada keterlibatan antara istri dan suami melakukan kolaborasi peran dan interaksi sosial. Hubungan gender dapat muncul dari kolaborasi antara suami dan istri yang bekerja baik berdasarkan tujuannya untuk meningkatkan keuangan keluarga agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

 Hubungan gender juga terlihat ketika seorang istri diizinkan oleh suaminya untuk membangun bisnis seperti industri rumahan atau hanya menjual kembali dan mengirim melalui toko online. Memberi izin kepada istri juga termasuk dalam hubungan gender karena laki-laki memberikan kebebasan kepada istri mereka untuk membuat keputusan. Wanita saat ini tidak lagi menjadi objek bawahan. Mereka memiliki kebebasan untuk bekerja dan menghasilkan pendapatan sendiri, dan tidak bergantung pada suami mereka lagi. Selain itu, penghasilan yang mereka dapatkan juga untuk kepentingan keluarga. Wanita saat ini dapat membantu menjadikan peran sebagai sumber keuangan keluarga. Tampaknya istri dan suami berkolaborasi untuk mewujudkan hubungan gender. Kesimpulannya, saat ini perempuan dapat bekerja dari rumah dengan menjadi pekerja berbasis rumahan perempuan.

Toko online adalah alternatif bagi wanita untuk menghasilkan pendapatan secara mandiri tanpa tergantung pada jumlah mereka. Ada banyak pasar melalui aplikasi atau melalui media sosial untuk menjual barang-barang mereka secara luas. Wanita yang membuka toko online mereka dapat membantu keuangan keluarga karena sumber keuangan tidak hanya dari suami tetapi juga dari istri. Istri dan suami membangun kolaborasi peran yang meningkatkan kesejahteraan keluarga. Ini menunjukkan bahwa hubungan gender antara suami dan istri dapat bekerja dengan baik.

Continue Reading

Who is Online

No one is online right now

Advertisement

Twitter

Trending

Mari bergabung bersama Mitra Wacana

Silahkan bergabung dan menjadi bagian dari Mitra Wacana.
Akan ada penghargaan untuk tulisan yang terpilih.
Terima Kasih

Gabung