Log In

Mari Berinternet Sehat

Astriani

Astriani

oleh Astriani

Penggunaan internet sudah banyak dilakukan semua orang. Baik digunakan untuk bekerja, berwirausaha, belajar, bermain game, dan berselancar di dunia maya. Penggunaan internet sudah mengubah cara hidup masyarakat karena dinilai lebih praktis dan cepat. Dari sisi positif internet memang sangat membantu kita, untuk mengakses data secara cepat.

Tetapi internet juga mempunyai sisi negatif. Internet bisa digunakan sebagai modus kejahatan dan penipuan. Pengaruh konten negatif sudah sering diberitakan di berbagai media berupa pemuatan gambar porno, perjudian, penipuan, pelecehan, pencemaran nama baik dan berita bohong. Selain itu penggunaan jejaring sosial juga memiliki dampak negatif, salah satunya adalah cyber bullying yang biasanya menimpa anak-anak dan sesama remaja.

Untuk menghindari kejahatan dunia maya, perlu ditanamkan untuk pemakaian internet secara sehat. Misalnya tidak asal berteman dengan seseorang yang belum dikenal. Dalam dunia maya kita tetap harus berhati-hati.

Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar bisa berinternet secara sehat:

1. Internet adalah gudang ilmu, banyak informasi yang bisa kita peroleh dari internet. Tetapi kita harus ccerdas mempergunakannya
2. Tidak memberikan identitas kita di internet, karena bisa saja disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
3. Jangan percaya begitu saja akan informasi yang disampaikan oleh internet, perlu kita kaji lagi informasi yang ada
4. Jejaring sosial seperti facebook, twitter, friendster dan sebagainya memang bisa mempererat silaturahmi dan mendekatkan teman jauh. Tetapi hendaknya kita bijak saat mengaksesnya. Dan jangan mudah peercaya jika diajak bertemu dengan orang yang baru kita kenal lewat internet
5. Dampingi anak-anak kita saat mengakses internet dan berikan penjelasan seerta batasan pemakaian internet.

Tagged under
0 comments