web analytics
Connect with us

Uncategorized @id

Saponan Media Percepatan Informasi dan Update Data Kependudukan Secara Berkala Desa Jalantunda

Mitra Wacana WRC

Published

on

Pertemuan Saponan Desa Jalatunda Mandiraja Banjarnegara. Foto: https://www.mahdaen.tv

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 2 menit

Mahdaen.TV News – Saponan(selasa pon) adalah pertemuan rutin RT/RW di desa Jalatunda yang dilaksanan setiap selasa pon di setiap bulannya. Acara saponan di jadikan sebagai salah satu cara pemerintah desa untuk mengupdate data kependudukan warganya secara berkala. Setiap RT diwajibkan melaporkan tentang kondisi warganya baik pindah,keluar, lahir dan mati bahkan RT juga di wajibkan menyampaikan kejadian kejadian khusus yang terjadi di lingkungannya. Dengan cara ini informasi yang ada di lingkungan cepat mengalir ke pemerintah desa sehingga pemerintah desa akan lebih tanggap darurat untuk menangani peristiwa-peristiwa yang ada di wilayah kerjanya. Saponan menjadikan adanya percepatan informasi di desa Jalatunda sekaligus percepatan tindak lanjut apabila ada peristiwa-peristiwa khusus yang terjadi.

Kegiatan saponan Jalatunda kali ini jatuh pada hari selasa tanggal 27 Februari. Jumlah RT/RW yang hadir hanya sekitar 80% atau hanya sebanyak 26 RT dari jumlah total 38 RT.Dalam acara tersebut di bahas tentang masalah adminduk, warga non rastra, Swadaya rintisan igir lempuyang, masalah perpajakan dan pemeliharaan lingkungan. Disampaikan pula oleh pemerintah desa terkait tahapan perencanaan desa dan persiapan penetapan APBDes.

Kegiatan saponan selalu berjalan aktif ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dan tanggapan dalam acara ini. Marban ketua RT 06/1 misalnya menanyakan prihal pencatatan apabila ada warganya yang pindah RT. Rasdi ketua RT 05/3 Melaporkan kejadian khusus yaitu tentang peristiwa rusaknya makan mbah duwur karena tertimpa pohon tumbang, ia menanyakan prihal siapa yang bertanggung jawab atas perawatan makam ini. Makam mbah duwur adalah salah satu dari 5 makan yang menjadi situs bersejarah di desa yang perawatannya menjadi tanggung jawab pemerintah desa. Atas adanya pelaporan kejadian khusus ini pemdes akan segera bertindak untuk memperbaikinya. Miswan selaku sekdes jalatunda mengungkapkan upd Kegiatan saponan selalu berjalan aktif ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dan tanggapan dalam acara ini. Marban ketua RT 06/1 misalnya menanyakan prihal pencatatan apabila ada warganya yang pindah RT. Rasdi ketua RT 05/3 Melaporkan kejadian khusus yaitu tentang peristiwa rusaknya makan mbah duwur karena tertimpa pohon tumbang, ia menanyakan prihal siapa yang bertanggung jawab atas perawatan makam ini. Makam mbah duwur adalah salah satu dari 5 makan yang menjadi situs bersejarah di desa yang perawatannya menjadi tanggung jawab pemerintah desa. Atas adanya pelaporan kejadian khusus ini pemdes akan segera bertindak untuk memperbaikinya. Miswan selaku sekdes jalatunda mengungkapkan update data penduduk merupakan kewajiban yang harus selalu dilakukan, saponan menjadi salah satu cara bagi pemdes untuk mengupdate data penduduk secara periodik setiap bulannya.

Dalam acara saponan ini, RT yang hadir akan mendapatkan insentif(uang duduk) sebagai salah satu wujud apresiasi pemdes kepada RT yang telah menjalankankan tugas dan fungsinya dengan baik yaitu dengan adanya laporan tentang berbagai masalah kependudukan dan kejadian khusus dilingkungan kerjanya. Bagi RT yang tidak hadir maka tidak akan mendapatkan insentif dan karena ketidak hadirannya maka informasi terkait perubahan kependudukan dan kejadian khususpun tidak tersampaikan kepemerintah desa, ada peristiwa kematian dan kelahiran yang tejadi di salah satu RT namun karena RT tersebut tidak hadir di saponan maka data kependudukan di RT tersebut pun belum terupdate dan penanganana terhadap kejadian-kejadian khusus yang terjadi di RT tersebutpun sedikit lamban

Sumber:https://www.mahdaen.tv/saponan-media-percepatan-informasi-dan-update-data-kependudukan-secara-berkala-desa-jalantunda/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uncategorized @id

E-Sertifikat Ngobras Bareng Mitra Wacana

Robi Setiyawan

Published

on

This post is also available in: Indonesia

Waktu dibaca: 2 menit

        1. Sertifikat 1 Shafa Rizki Salsabil

        2. Sertifikat 2 SITI ZUBAIDAH

        3. Sertifikat 3 EKA FAJAR SETIAWAN

        4. Sertifikat 4 NIKEN AYUNINGTYAS

        5. Sertifikat 5 SRI NOVENI

        6. Sertifikat 6 MUFLIHATURROHMAH

        7. Sertifikat 7 ARINA MANASIKANA

        8. Sertifikat 8 ENJELIKA PALINOAN

        9. Sertifikat 9 RISKAWATI

        10. Sertifikat 10 HAPPY PUTRI FITRIN ARIYANA

        11. Sertifikat 11 KHOFIFATUN NISA

        12. Sertifikat 12 FATHIA CINTYANING

        13. Sertifikat 13 ANGGI CLARA NURITA

        14. Sertifikat 14 RIZKI NUR MAWANTI

        15. Sertifikat 15 ORYZHA WAHYU NUGRAHA

        16. Sertifikat 16 WAHYU CHOIRUNNISA P

        17. Sertifikat 17 ROHMAH FITRIYANA

        18. Sertifikat 18 AZIZAH FEBRIAN RAHMAWATI

        19. Sertifikat 19 ANGGI OKTAVIANDA

        20. Sertifikat 20 LARASATI INDAH SWASTI

        21. Sertifikat 21 USLUM MUFIDATUL LAILA

        22. Sertifikat 22 GIOVANI

        23. Sertifikat 23 ISTIQOMAH

        24. Sertifikat 24 WILLY KURNIAMAN LASE

        25. Sertifikat 25 NDARU TEJO LAKSONO

        26. Sertifikat 26 YHANU SURYO ASMORO

        27. Sertifikat 27 RADITYA RASYADUL IHSAN

        28. Sertifikat 28 DINI SITATUN NUR HIDAYATULLAH

        29. Sertifikat 29 ROBITHOTUL HUSNA

        30. Sertifikat 30 NOVARIA INTAN NABILLA

        31. Sertifikat 31 DEVI SYAMSYAH A.F

        32. Sertifikat 32 OKTHI RAIHAN UTAMI

Continue Reading

Who is Online

No one is online right now

Advertisement

Twitter

Trending

Mari bergabung bersama Mitra Wacana

Silahkan bergabung dan menjadi bagian dari Mitra Wacana.
Akan ada penghargaan untuk tulisan yang terpilih.
Terima Kasih

Gabung