Log In

Sejarah

Mitra Wacana WRC merupakan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), berkedudukan di Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam peranannya Mitra Wacana WRC memberikan layanan informasi dan penguatan masyarakat khususnya berkaitan dengan isu perempuan. Mitra Wacana didirikan pada April 1996 berbentuk forum oleh sekelompok individu perwakilan dari berbagai LSM yang ada di Yogyakarta. Tujuan awal pendirian Mitra Wacana sebagai forum waktu itu sebagai layanan penyedia layanan informasi dari berbagai LSM yang ada tersebut.

Meskipun memiliki latar belakang yang berbeda, namun memiliki cita-cita sama, yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan setara. Nama lengkap yang digunakan Mitra Wacana waktu itu adalah Pusat Layanan Informasi Mitra Wacana atau biasa disingkat PLIP Mitra Wacana. Seiring berjalannya waktu berbagai lembaga pendukung yang menjadi pendiri awal Mitra Wacana tersebut sudah bisa memenuhi data dan informasi bagi lembaga mereka sendiri. Sehingga pada tahun 2005 Mitra Wacana mentransformasi dirinya sendiri dengan merubah status organisasi dari forum menjadi perkumpulan dan menggunakan nama lengkap Mitra Wacana Women Resource Center atau bisa disebut dengan Mitra Wacana WRC. Status perkumpulan tersebut tidak beranggotakan berbagai LSM lagi tapi individu-individu yang punya visi, misi, spirit dan keinginan yang sama untuk memperjuangkan keadilan dan kesetaraan gender. Walaupun sudah sejak 2005 Mitra Wacana WRC merubah dirinya jadi perkumpulan, namun secara hukum perubahan tersebut baru tercatat di Notaris pada 17 Oktober 2012.

Selama ini, Mitra Wacana WRC dalam aktivitasnya melakukan penguatan masyarakat melalui pendidikan kepada perempuan dan anak secara langsung agar mampu memperjuangkan hak-haknya dari segala bentuk kekerasan berbasis gender. Mitra Wacana WRC juga mengajak pemerintah untuk bekerja bersama dalam merespon beragam persoalan yang dihadapi perempuan dan anak dalam bentuk kebijakan yang berperspektif adil gender.

Hal ini penting, mengingat sesungguhnya memecahkan persoalan perempuan dan anak adalah kewajiban semua pihak secama umum dan terkhusus adalah Negara, karena negara punya tanggungjawab terjadap kehidupan warga negaranya. Mitra Wacana WRC dalam kegiatannya meningkatkan kapasitas pengetahuan terhadap kelompok perempuan dan anak serta aparat pemerintah tentang pentingnya perlindungan perempuan dan anak agar terbebas dari segala bentuk ancaman kekerasan.