Connect with us

Berita

Informasi Desa Hak Setiap Warga

Published

on

Salah satu pendamping masyarakat Mitra Wacana WRC Siti Kholiyah, sempat “ditolak” oleh aparat desa Karangjati kecamatan Susukan kabupaten Banjarnegara ketika mencoba memperoleh data monografi. Kejadian ini bermula ketika Siti menemui kepala desa setempat Suyati, dengan menceritakan maksud dan tujuan penggunaan monografi tersebut untuk keperluan menganalisa dan mengetahui jumlah penduduk. Menurut Siti, kepala desa dengan terbuka mempersilahkan kepada yang bersangkutan untuk bertemu dengan sekretaris desa. Namun, menurut sekretais desa Refolusin, dengan alasan rahasia dan harus ada rekomendasi dari kecamatan Siti tidak diperkenankan mendapatkannya. (12/4/2014)

Berangkat dari peristiwa tersebut dapat dikatakan bahwa keberadaan Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik belum dipahami oleh seluruh aparat pemerintahan di tingkat desa. Data monografi adalah informasi yang sifatnya berada wilayah publik, oleh karenanya setiap warga berhak mendapatkannya. Selayaknya kejadian tersebut tidak terulang kembali kepada warga masyarakat yang hendak mencari informasi yang berkaitan dengan desa.

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending