Log In

JSTT Bahas Raperda KTR di DIY

JSTT (Jaringan Jogja Sehat Tanpa Tembakau) mengadakan rapat koordinasi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY0, Senin (9/7) di mulai pukul 13.30 hingga 15.30 WIB. Rapat itu diikuti oleh sejumlah anggota jaringan, seperti IDEA, MTCC, QTI, Kopel Bantul, dan Mitra Wacana. JSST menanggapi positif kebijakan DPRD Provinsi, DPRD  Kabupaten, dan DPRD  Kota di Provinsi Yogyakarta mengenai kawasan tanpa rokok (KTR).

JSTT mengawal terwujudnya Rancangan Peraturan Daerah (raperda) KTR untuk melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok. Raperda itu tidak melarang orang merokok, tapi melarang orang merokok di sembarang tempat. Raperda akan mengatur kawasan orang bisa merokok dan kawasan orang tidak boleh merokok terutama di tempat-tempat publik, seperti fasilitas transportasi bus, kereta, dan pesawat kapal. Raperda ini juga  melarang merokok di fasilitas gedung pendidikan, sumah sakit dan gedung-gedung perkantoran.

Raperda di atas diharapkan bisa melindungi anak-anak dan ibu hamil dari paparan asap rokok yang mengganggu kesehatan. Adanya peraturan ini hak-hak atas udara bersih bagi masyarakat bisa dipenuhi dan memberikan rasa nyaman bagi masyarakat pada saat berada di fasilitas-fasilitas umum. (ASW)

Tagged under

sukseskan asian paragames 2018