Connect with us

Berita

JSTT Bahas Raperda KTR di DIY

Published

on

jaringan sosial

JSTT (Jaringan Jogja Sehat Tanpa Tembakau) mengadakan rapat koordinasi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY0, Senin (9/7) di mulai pukul 13.30 hingga 15.30 WIB. Rapat itu diikuti oleh sejumlah anggota jaringan, seperti IDEA, MTCC, QTI, Kopel Bantul, dan Mitra Wacana. JSST menanggapi positif kebijakan DPRD Provinsi, DPRD  Kabupaten, dan DPRD  Kota di Provinsi Yogyakarta mengenai kawasan tanpa rokok (KTR).

JSTT mengawal terwujudnya Rancangan Peraturan Daerah (raperda) KTR untuk melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok. Raperda itu tidak melarang orang merokok, tapi melarang orang merokok di sembarang tempat. Raperda akan mengatur kawasan orang bisa merokok dan kawasan orang tidak boleh merokok terutama di tempat-tempat publik, seperti fasilitas transportasi bus, kereta, dan pesawat kapal. Raperda ini juga  melarang merokok di fasilitas gedung pendidikan, sumah sakit dan gedung-gedung perkantoran.

Raperda di atas diharapkan bisa melindungi anak-anak dan ibu hamil dari paparan asap rokok yang mengganggu kesehatan. Adanya peraturan ini hak-hak atas udara bersih bagi masyarakat bisa dipenuhi dan memberikan rasa nyaman bagi masyarakat pada saat berada di fasilitas-fasilitas umum. (ASW)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending