Log In

Talkshow kesadaran menjaga kelestarian lingkungan

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) DIY mendorong pelestarian lingkungan hidup untuk menjaga kelestarian air. Eksploitasi lingkungan seperti penambangan yang membuat sejumlah sumber air terganggu dan kerusakan alam lainya. Hal tersebut diungkapkan pada talkshow yang diadakan Mitra Wacana pada Senin, 29 Oktober 2018 di Radio KIS FM Jogja.

Bidang Advokasi Kawasan Walhi DIY, Adi Hermawan menyebut, lereng Merapi sampai saat ini masih banyak eksploitasi lahan untuk tambang, sehingga fungsi sebagai kawasan imbuhan tidak maksimal. Kulonprogo, kata dia, mempunyai bukit Menoreh sebagai kawasan hutan dan sekaligus rawan longsor saat musim hujan. Sehingga, perlu pengelolaan terbatas dengan mengembalikan fungsinya sebagai kawasan penyangga.

talkshow mitra wacana

Narasumber menanggapi beberapa pertanyaan dari pendengar terkait kerusakan lingkungan yang ada di sekitarnya

Terlebih yang baru-baru ini tengah ramai tentang dampak lingkungan dari pembangunan NYIA di Kulonprogo yang harus diperhatikan juga amdalnya. Hermawan juga menyebutkan pemangku jabatan juga harus melihat dampak lingkungan hidup dalam semua perumusan kebijakannya, yang nantinya akan kembali dan berdampak pada keberlangsungan hidup masyarakat.

Dalam talkshow yang diprakarsai Mitrawacana tersebut banyak antusiasme dari pendengar melalui line telepon, yang kritis menanggapi isu-isu kerusakan lingkungan hidup di sekitarnya. Harapanya agar ada pengaturan dan kebijakan-kebijakan pemerintah yang memperhatikan dampak lingkungan hidup. (roby)

Tagged under

Tinggalkan Balasan