Connect with us

Berita

Ketua Organisasi Anggun Rejo Desa Kalirejo Tekankan Bahaya Kekerasan

Published

on

Pertemuan P3A Anggun Rejo Desa Kalirejo, Kokap Kulon Progo. Foto Erna N

Persoalan kekerasan terhadap perempuan, khususnya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Kehamilan Tidak Dikehendaki (KTD) menjadi perhatian para perempuan yang tergabung dalam Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A) Anggun Rejo desa Kalirejo, Kokap, Kulon Progo dalam pertemuan rutin yang dilakukan oleh P3A pada Sabtu (25/6/2016) di masjid Darunnajah desa tersebut.

Menurut Mugirah, ketua P3A Anggun Rejo mengungkapkan bahwa desa Kalirejo baru melakukan survey mawas diri sebagai salah satu kegiatan dari desa SIAGA. “Survey ini berkaitan dengan KDRT dan KTD, agar warga semakin waspada bahaya segala bentuk kekerasan, terutama terhadap perempuan dan anak, tuturnya”.

Menurut salah satu peserta pertemuan, Suhartini menyatakan bahwa perempuan harus melatih dan memberanikan diri untuk berbicara di depan orang banyak. Tujuan kita berorganisasi seperti di P3A adalah untuk saling belajar dari yang tidak tahu menjadi tahu sehingga harapannya kita mampu berbagi informasi kepada anggota P3A atau masyarakat lainnya, Suhartini mengungkapkan. Suhartini menambahkan ada lima kunci yang bisa dilakukan untuk merubah diri menjadi lebih baik yaitu; Senyum, sapa, salam, sopan dan santun (5S) serta Ketelitian, kerapian, kebersihan, kesegaran, kedisiplinan (5K).

Dalam pertemuan rutin ini juga membahas tentang pentingnya pendokumentasian segala pertemuan P3A, sebagai salah satu bentuk kerapihan administrasi yang dipandu oleh Erna Novitasari, pendamping lapangan Mitra Wacana. (Erna/tnt)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepala Desa Cokrodiningratan dan Kader Bumijo terbantu dengan program Pekerti dari Mitra Wacana

Published

on

Rabu (15/05/19), Mitra Wacana bersama Kepala Desa Cokrodiningratan Narotama dan Kader Perempuan Bumijo Ibu Kokom berbincang dalam talkshow di Radio Sonora 97.4 FM Jogja dengan Tema “Hari Keluarga Internasional, dampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Narotama mengatakan peran kader sangat penting bagi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam meyampaikan informasi layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan. Di sisi lain Bu Kokom juga mengatakan sangat terbantu dengan adanya proses pembelajaran dari Mitra Wacana dengan program Pekerti, sehingga kader banyak mendapat pembelajaran terkait informasi dan cara penyampaian yang tepat bagi masyaratkat. Narotama juga menambahkan sekarang kelurahan Cokrodiningratan juga melakukan inovasi melalui grup Whatsapp deteksi dini ibu dengan gangguan kehamilan. Sehingga bila terdapat ibu hamil yang terdeteksi gangguan dini dapat langsung ditangani bersama kader.

Continue Reading

Trending