Connect with us

Berita

Konseling dalam Penanganan Kasus Kekerasan

Published

on

guidance gb google image

Mitra Wacana Women Resource Center, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melakukan pelatihan Penanganan dan Pendampingan Korban Kekerasan Berbasis Gender dan Anak (KKBGA) di Aula gedung PKK Banjarnegara. Pelatihan berlangsung Selasa dan Rabu (12-13/6).  Peserta pelatihan merupakan relawan Pusat Pelayanan Terpadu kecamatan. Hadir sebagai fasilitator adalah Yusuf Mardiono dari Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan juga pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat Mitra Wacana Yogyakarta  Astriani dan Wahyu Tanoto.

Pada sesi kedua setelah pemaparan gender dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Banjarnegara oleh Yusuf Mardiono, pelatihan dilanjutkan dengan pemamparan tentang HAM dan teknik konseling yang benar. Kunci penanganan untuk mengatasi persoalan kekerasan dalam rumah tangga adalah kemampuan peserta mampu melakukan konseling awal untuk menangani kasus papar Astriani.

Untuk melatih ketrampilan peserta , peserta diminta untuk berkelompok menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok kemudian bermain peran atau  role play tentang penanganan kasus. Kekerasan yang akan ditangani dalam bentuk KDRT, Perkosaan maupun Kekerasan Terhadap Anak. Dalam role play tersebut peserta ada yang berperan menjadi pelaku kekerasan, korban kekerasan, dan juga konselor.

Dari hasil role play tersebut masih ada hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang konselor pada konseli (orang yang sedang melakukan konseling). Astriani menegaskan bahwa seorang konselor hendaknya mempunyai syarat yang harus dipenuhi yaitu, sikap menerima konseli, empati artinya bisa merasakan apa yang dialami oleh konseli, tidak blaming (menyalahkan korban), dan berpihak pada korban. (As3)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending