Connect with us

Berita

Mancing, Salah Satu Pendekatan Kepada Masyarakat

Published

on

Banjarnegara (10/4/14) – Sebagai salah satu pendamping masyarakat yang dikirim oleh Mitra Wacana WRC, Muhammad Mansur berinisiatif mengikuti komunitas mancing di desa Berta kecamatan Susukan kabupaten Banjarnegara yang biasanya dilakukan di kali sapi. Menurut Mansur mancing adalah salah satu pendekatan yang sengaja dilakukan untuk dapat diteriima dan mudah berbaur dengan masyarakat. Mansur menambahkan bahwa dalam mengikuti kegiatan mancing, dapat memperoleh informasi secara cuma-cuma dengan di awali prbincangan santai dan informal.

Menurut Mansur, selama mancing mendapatkan informasi kondisi sosial kemasyarakatan desa Berta. Seperti gaya pacaran remaja yang cenderung “bebas”, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Hal ini tentu perlu mendapat perhatian serius terkait dengan persoalan kesehatan seksual dan reproduksi remaja.

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending