Log In

Menggali Pendapat Masyarakat Akan Calon Pemimpin Masa Depan

Mendekati Pemilu 2014, sangat penting menggali pendapat masyarakat akan calon pemimpin masa depan. Bagaimana kriteria pemimpin kedepan yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia saat ini. Mitra Wacana berpartisipasi dalam Fokus Grup Diskusi pada tanggal 31 Juli 2012 di Tembi Rumah Budaya yang diadakan oleh Elsdap, Prodi Sosiologi Atmajaya dan Tembi RB, diskusi dimulai pada pukul 14.30 diakhir dengan buka bersama. FGD dihadiri berbagai elemen masyarakat, diantaranya budayawan, aktifis NGO, penulis, guru, aktifis partai, peneliti, dosen, aktifis buruh, pesantren, dan karang taruna.

Dapat disimpulkan bahwa pemimpin masa depan diantaranya harus berani melawan kapitalisme, mampu menghapus oligarki, perubahan pada sistem dan prosedur politik, perbaikan sistem recruitment parpol, efektifitas dalam pemerintahan ( tidak boros sumber daya ), mampu merumuskan problem kerakyatan terkini, dan penguatan pendidikan politik.

Diharapkan dengan didapatkanya peta problem kerakyatan terkini, maka akan dapat dipikirkan kebijakan kedepan yang dapat mengakomodir semua pihak. Perbaikan sistem politik, kapasitas komunitas, dan media juga dibutuhkan selain peningkatan kapasitas pemimpin dan perspektif kerakyatan yang harus clear.

Tagged under

sukseskan asian paragames 2018