Connect with us

Berita

Menggali Pendapat Masyarakat Akan Calon Pemimpin Masa Depan

Published

on

Mendekati Pemilu 2014, sangat penting menggali pendapat masyarakat akan calon pemimpin masa depan. Bagaimana kriteria pemimpin kedepan yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia saat ini. Mitra Wacana berpartisipasi dalam Fokus Grup Diskusi pada tanggal 31 Juli 2012 di Tembi Rumah Budaya yang diadakan oleh Elsdap, Prodi Sosiologi Atmajaya dan Tembi RB, diskusi dimulai pada pukul 14.30 diakhir dengan buka bersama. FGD dihadiri berbagai elemen masyarakat, diantaranya budayawan, aktifis NGO, penulis, guru, aktifis partai, peneliti, dosen, aktifis buruh, pesantren, dan karang taruna.

Dapat disimpulkan bahwa pemimpin masa depan diantaranya harus berani melawan kapitalisme, mampu menghapus oligarki, perubahan pada sistem dan prosedur politik, perbaikan sistem recruitment parpol, efektifitas dalam pemerintahan ( tidak boros sumber daya ), mampu merumuskan problem kerakyatan terkini, dan penguatan pendidikan politik.

Diharapkan dengan didapatkanya peta problem kerakyatan terkini, maka akan dapat dipikirkan kebijakan kedepan yang dapat mengakomodir semua pihak. Perbaikan sistem politik, kapasitas komunitas, dan media juga dibutuhkan selain peningkatan kapasitas pemimpin dan perspektif kerakyatan yang harus clear.

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending