Connect with us

Berita

Mitra Wacana Gelar Lokalatih Penghapusan KDRT

Published

on

Kegiatan lokalatih penghapusan KDRT di balai Pertemuan Sindurjan. (Foto : Gunarwan)

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mitra Wacana menggelar lokalatih penghapusan kekerasan dalam rumah tangga di Desa Ngaran Kecamatan Kaligesing, Desa Grabag Kecamatan Grabag, dan di Kelurahan Sindurjan Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini diikuti oleh para ibu rumah tangga dan sejumlah kaum priya yang peduli terhadap penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Lokalatih dilakukan dalam bentuk ceramah, diskusi, pemutaran film, dan berbagai solusi terkait dengan penghapusan KDRT. Di Kabupaten Purworejo menurut Tatik Istiawatun Khasanah dari Mitra Wacana Jogya, tingkat KDRT cukup tinggi, bahkan tertinggi di Jawa Tengah.

“Padahal Jawa Tengah kasus KDRT tertinggi di Indonesia,” katanya pada lokalatih KDRT di Gedung Pertemuan Kelurahan Sindurjan, Sabtu (28/1).

Namun demikian Tatik Istiawatun Khasanah menilai bahwa tingginya tingkat KDRT di Purworejo ini hanya berdasar data yang diapat. “Sangat mungkin di daerah lain bisa lebih tinggi, namun tidak dilaporkan,” jelasnya.

Di Purworejo katanya, pada tahun 2011 terdapat kasus KDRT sebanyak 65 kasus. Sedang tahun 2012 ini sudah tercatat ada 6 kasus. “Kasus yang masuk daftar ini belum termasuk sejumlah kasus yang dipaparkan para peserta melalui diskusi karena tidak dilaporkan,” katanya seraya menyebut, data yang dimilikinya secara nasional kasus KDRT mencapai angka 143.566 kasus pada tahun lalu, yang mayoritas menimpa kaum perempuan dan anak-anak. (Nar)

Sumber: http://krjogja.com/read/116549/mitra-wacana-gelar-lokalatih-penghapusan-kdrt.kr

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending