Connect with us

Berita

Mitra Wacana Kembangkan Layanan Informasi Berbasis Web

Published

on

dokumentasi pelatihan menulis berita MW

Pusat Layanan Informasi Perempuan (PLIP) Mitra Wacana mengembangkan layanan informasi menggunakan teknologi berbasis web. Pada awal 2012, Mitra Wacana menggandeng COMBINE Resource Institution (CRI) untuk membangun sistem dan pengembangan kapasitas lembaga dalam mengelola informasi.

Sebagai tindak lanjut kerjasama, pada 22 Mei 2012 Mitra Wacana mengadakan pelatihan memanfaatkan website di www.mitrawacana.or.id di Sekretariat Mitra Wacana Jalan Jalan Pelem Wulung No. 42, Gedongan Baru, Banguntapan, Bantul. Acara ini difasilitasi oleh Yossy Suparyo, Koordinator Knowledge Management CRI, dan dikuti oleh para pegiat Mitra Wacana.

Sistem tersebut mampu mengolah konten berupa teks, gambar, audio, video, e-book, dan sosial media. Menurut Direktur Mitra Wacana, Titik Istiyawatun Khasanah, seluruh kerja lembaga akan dikelola secara online yang memudahkan kerja-kerja antardaerah. Pengembangan sistem itu juga bertujuan untuk memenuhi kewajiban lembaga atas undang-undang keterbukaan informasi publik.

“Mitra Wacana merupakan badan publik yang harus memberikan laporan kinerjanya pada publik. Melalui web lembaga, publik bisa berinteraksi dengan Mitra Wacana dengan lebih feksibel,” ujarnya.

Pelatihan ini akan rutin diadakan untuk mengingkatkan kapasitas pegiat Mitra Wacana dalam menggunakan media-media informasi untuk penguatan gerakan perempuan. Selain itu, Mitra Wacana akan membangun laboratorium media untuk mendukung kerja pusat sumber daya perempuan dan layanan rujukan bagi korban kekerasan.

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending