Connect with us

Berita

Mitra Wacana WRC Lakukan Kunjungan ke Komunitas

Published

on

Mitra Wacana WRC Yogyakarta bersama AWO Internasional melakukan kunjungan lapangan di desa Bondolharjo kabupaten Banjanegara bertempat di rumah kepala dusun setempat bapak Sugeng untuk berdiskusi bersama masyarakat mengenai pencegahan kekerasan seksual terhadap anak (6/3/14). Hadir dalam kunjungan tersebut adalah Rindang Farichah dan Enik Maslahah dari Mitra Wacana WRC.Sedangkan dari AWO Internasional Jerman ada tiga orang yang mengikuti kunjungan tersebut yaitu Martin, Christiane dan Yunika.

Dalam kesempatan tersebut digelar pula diskusi dengan beberapa perempuan dari desa setempat.Salah satu peserta diskusi Siti Mahmudah menyatakan bahwa di desanya pernah terjadi kekerasan seksual yang menimpa seorang gadis berusia 16 tahun yang diperkosa oleh beberapa teman sekolahnya. Kejadian ini sudah dilaporkan kepada yang berwajib, namun masyarakat kurang tahu bagaimana perkembangan kasus tersebut. Menurutnya pelaku kekerasan terhadap perempuan harus dihukum supaya jera.

Sedangkan menurut Enik Maslahah, keberadaan Mitra Wacana WRC bersama AWO Internasional Jerman ingin bersama-sama masyarakat untuk waspada terhadap kasus-kasus serupa dan mengetahui bagaimana cara mencegah agar perempuan dan anak dapata terhindar dari kekerasan. Rindang Farichah menambahkan bahwa kekerasan seksual bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun perlu keterlibatan masyarakat untuk melakukan pencegahan.

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending