Log In

Muslimat Jalatunda Banjarnegara Diskusikan Peran Perempuan di Desa

Keterlibatan perempuan dapat mewarnai dalam pengambilan keputusan kebijakan. Dan salah satu organisasi perempuan yang ada di tingkat desa adalah organisasi perempuan seperti Muslimat. Keterlibatan seluruh elemen masyarakat, termasuk kelompok perempuan, penting dalam pembangunan desa.

Organisasi seperti Muslimat sudah selayaknya terlibat aktif di dalam kegiatan pembangunan desa terutama dalam perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes). Alasan inilah yang mendorong Mitra Wacana Women Resource Centre (WRC) Yogyakarta mengajak organisasi perempuan Muslimat Desa Jalatunda Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara mendiskusikan peran perempuan di tingkat keluarga, lingkungan dan desa pada Kamis (4/5/17) di Masjid desa tersebut.

“ Kami berharap pertemuan seperti ini berjalan terus dengan lebih aktif dengan melibatkan organisasi lain”, ungkap Sarti, ketua Muslimat Desa Jalatunda. Agar perempuan semakin percaya diri, jadi harus banyak bertemu ”, Sarti menambahkan.

Menurut Ruliyanto, pendamping masyarakat desa Jalatunda dari Mitra Wacana menyatakan bahwa para perempuan desa Jalatunda merasa senang dapat terlibat dalam pertemuan. “ Mereka belajar memetakan peran perempuan di tingkat keluarga, lingkungan dan desa, harapanya perempuan di Desa Jalatunda Khususnya Muslimat mampu mengutarakan pendapatnya tanpa malu-malu lagi”, tutur Rully. (wtn/mzm/rl)

Tagged under

Tinggalkan Balasan