Dokumentasi pertemuan warga. Foto: Mutoharoh

Aspirasi dari warga sangat di butuhkan guna mewujudkan desa membangun. Kita sebagai warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam upaya mendukung suksesnya pembangunan di daerah yang kita tempati. Selain itu sebagai warga negara yang aktif kita harus selalu tanggap dengan segala kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Dukungan warga negara terhadap pemerintahan di daerah dapat diwujudkan dalam berbagai kegiatan yang positif. Usul, saran atau pendapat serta partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik terutama di daerah akan memberikan dampak positif dalam kehidupan masyarakat daerah.

Maka dari itu tim Mitra Wacana WRC bekerja sama dengan warga Kebakalan, Mandiraja, Banjarnegara, Jawa tengah. Mengadakan pertemuan RT, guna menyelenggarakan diskusi mengenai pentingnya usulan warga. Selama ini warga belum banyak yang berani menyuarakan kebutuhan mereka karena belum wadah untuk menampung aspirasi. Momen berkumpul digunakan sebatas pertemuan seperti yasinan atau arisan. Padahal aspirasi warga sangat dibutuhkan untuk mewujudkan desa membangun. Aspirasi warga adalah bentuk keaktifan warga demi kemajuan desa.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa, (17/10/2017) pukul 18.30-20.30 bertempat di rumah Alan (tim media kebakalan). Kegiatan ini di hadiri oleh 12 laki-laki dan 2 perempuan dari warga kebakalan, selain itu juga di bantu oleh Sudartono (kadus kebakalan) juga Muthoharoh (tim pendamping mitra wacana di desa kebakalan).

Muthoharoh , tim pendamping Mitra Wacana WRC di Desa Kebakalan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai masukan atau saran dari aspirasi warga untuk turut andil dalam membangun desa, harapannya supaya warga ternasuk perempuan juga bisa berpartisipasi dalam setiap pertemuan, termasuk untuk mengajukan pendapat atau usulan.

Diskusi tersebut ditutup dengan sambutan dari Sudartono selaku Kepala Dusun Kebakalan. Dalam penyampaiannya Sudartono menghimbau kepada warga untuk menulis kebutuhan mereka dalam lembar kertas (form) yang telah dibagikan kepada warga. Sudartono juga juga meminta warga untuk turut serta dalam menghadiri musyawarah dusun. (Mutoharoh/Lintang)

Tinggalkan Balasan