Connect with us

Berita

Organisasi SEJOLI Bondolharjo Adakan Refleksi Hari Kartini

Published

on

Organisasi Perempuan Merayakan Hari Kartini di Boldolharjo ft Dewi Wulan

Sebanyak tiga organisasi merayakan hari Kartini dengan mengadakan diskusi bersama sebagai salah satu upaya melakukan refleksi atas perjuangan Kartini dan perempuan di Indonesia yang diperingati setiap 21 April. Masing-masing organisasi tersebut yaitu; Serikat Bondolharjo Peduli (SEJOLI), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan POSYANDU bertempat di Balaidesa Bondolharjo, Punggelan, Banjarnegara pada Minggu (24/4).

Pertemuan dimulai pada 09.00 hingga 12.00 diawali menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini, dilanjutkan dengan diskusi bersama menghadirkan narasumber dari Mitra Wacana, Dewi Wulansari yang merupakan pendamping komunitas SEJOLI. Menurut Dewi, perempuan harus memiliki spirit perjuangan yang ditunjukkan oleh Kartini yaitu meningkatkan pendidikan bagi perempuan supaya sejajar dengan laki-laki. Sudah saatnya perempuan mengambil peran yang lebih dalam kebijakan di desa, Dewi menuturkan.

Peserta yang berjumlah sekitar 23 orang sebagian besar adalah perempuan mengaku senang mendiskusikan sejarah perempuan dari masa ke masa. Menurut mereka Kartini seharusnya menjadi sosok perempuan yang menjadi inspirasi dalam perjuangan dan pemikirannya. Pertemuan semacam ini perlu dilakukan terus supaya perempuan yang ada di desa semakin paham makna hari Kartini, ungkap salah satu peserta. (Dewi/tnt)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepala Desa Cokrodiningratan dan Kader Bumijo terbantu dengan program Pekerti dari Mitra Wacana

Published

on

Rabu (15/05/19), Mitra Wacana bersama Kepala Desa Cokrodiningratan Narotama dan Kader Perempuan Bumijo Ibu Kokom berbincang dalam talkshow di Radio Sonora 97.4 FM Jogja dengan Tema “Hari Keluarga Internasional, dampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Narotama mengatakan peran kader sangat penting bagi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam meyampaikan informasi layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan. Di sisi lain Bu Kokom juga mengatakan sangat terbantu dengan adanya proses pembelajaran dari Mitra Wacana dengan program Pekerti, sehingga kader banyak mendapat pembelajaran terkait informasi dan cara penyampaian yang tepat bagi masyaratkat. Narotama juga menambahkan sekarang kelurahan Cokrodiningratan juga melakukan inovasi melalui grup Whatsapp deteksi dini ibu dengan gangguan kehamilan. Sehingga bila terdapat ibu hamil yang terdeteksi gangguan dini dapat langsung ditangani bersama kader.

Continue Reading

Trending