Connect with us

Berita

Organisasi Women Care Karangjati Lakukan Sosialisasi Anti Kekerasan Seksual di Sekolah

Published

on

Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual di MI AL Islam Desa Karangjati Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Foto oleh Purwanti

Kekerasan seksual kerap dipandang sebagai persoalan individu korban dan keluarga, belum dilihat sebagai masalah bersama. Karena alasan inilah, sejumlah perempuan yang tergabung dalam Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A) Women Care Desa Karangjati Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara berinisiatif mengadakan program “ Women Care Ngambah Sekolah” yaitu melakukan penyadaran terhadap para murid di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Islam Desa Karangjati pada Selasa, (23/5/17).

Acara dimulai dengan menonton film Wani Ngomong karya Remaja Desa Karangjati dan film NGENES karya remaja sekolah Desa Petuguran Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara.

“ Kita belajar Parenting dan Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak “, ungkap Purwanti, pendamping dari Mitra Wacana untuk Desa Karangjati.

Darini, pegiat Women Care dalam penyampaiannya menyatakan bahwa kekerasan seksual terhadap anak harus dipahamkan kepada anak sejak dini, karena sekarang ini jumlah korban berusia anak-anak, semakin meningkat. Saya, mengajak semua elemen termasuk sekolah untuk terlibat dalam mencegah kekerasan seksual, ungkapnya.

Sepanjang acara, para siswa terlihat antusias dan emangat dalam mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai. Selain memaparkan tentang materi pencegahan kekerasan seksual, para narasumber juga menampilkan permaianan dan dialog interaktif. (Tnt/Poe)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepala Desa Cokrodiningratan dan Kader Bumijo terbantu dengan program Pekerti dari Mitra Wacana

Published

on

Rabu (15/05/19), Mitra Wacana bersama Kepala Desa Cokrodiningratan Narotama dan Kader Perempuan Bumijo Ibu Kokom berbincang dalam talkshow di Radio Sonora 97.4 FM Jogja dengan Tema “Hari Keluarga Internasional, dampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Narotama mengatakan peran kader sangat penting bagi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam meyampaikan informasi layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan. Di sisi lain Bu Kokom juga mengatakan sangat terbantu dengan adanya proses pembelajaran dari Mitra Wacana dengan program Pekerti, sehingga kader banyak mendapat pembelajaran terkait informasi dan cara penyampaian yang tepat bagi masyaratkat. Narotama juga menambahkan sekarang kelurahan Cokrodiningratan juga melakukan inovasi melalui grup Whatsapp deteksi dini ibu dengan gangguan kehamilan. Sehingga bila terdapat ibu hamil yang terdeteksi gangguan dini dapat langsung ditangani bersama kader.

Continue Reading

Trending