Log In

P3A Sentolo Kulon Progo Kumpul Bareng di Pantai

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk rekreasi bersama keluarga ataupun bersama teman-teman. Rekreasi menjadi cara ampuh untuk melepaskan penat dari kesibukan pekerjaan, baik pekerjaan kantor maupun pekerjaan rumah tangga. Rekreasi di akhir pekan biasanya dilalui dengan pergi ke taman bermain, kebun binatang, wisata alam ataupun pantai.

Minggu, (15/10/17) Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A) Sentolo, Kulon Progo, DIY berekreasi ke Pantai Goa Cemara dan Pantai Baru yang berada di Bantul. Rekreasi tersebut diikuti oleh tiga kelompok P3A yaitu P3A Rengganis, P3A Srikandi dan P3A Putri Arimbi. Rombongan yang berjumlah 82 orang tersebut berangkat dari Sentolo pada pukul 06.30 WIB dengan menggunakan dua kendaraan bus dan satu mini bus. Dengan dipandu oleh Astriani, CO Kulon Progo, rekreasi tersebut diisi dengan acara-acara yang menyenangkan, seperti diskusi dan tukar kado. Selain untuk refreshing, rekreasi juga sebagai upaya untuk promosi P3A Sentolo dan untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota.

Suasana Diskusi P3A Sentolo Kulon Progo di Pantai Baru. Foto: Listyo

Suasana Diskusi P3A Sentolo Kulon Progo di Pantai Baru. Foto: Listyo

Tujuan pertama rekreasi yaitu pantai Goa Cemara. Setibanya di pantai tersebut, acara dimulai dengan diskusi UU Desa tentang Pengelolaan Potensi Wisata Lokal. Bercermin pada wisata Pantai Goa Cemara yang pada awalnya belum menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi masyarakat luas, kini pantai tersebut menjadi diminati oleh para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan masyarakat sekitar beserta pemerintah mampu mengelola dengan baik potensi lokal untuk dijadikan tempat pariwisata.

Selain sebagai ajang meningkatkan eksistensi daerah, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat contohnya dapat menambah pengahasilan para pedagang dan tukang parkir. Hal itulah yang kemudian memberikan refleksi bagi ibu-ibu P3A untuk melihat potensi pariwisata di desa masing-masing. Selain berdiskusi, rekreasi juga diisi dengan saling tukar kado satu sama lain dan ditutup dengan makan bersama sambil menikmati pemandangan pantai yang pada saat itu ramai pengunjung. (Listiana Khasanah)

Dokumentasi P3A Sentolo di Pantai. Foto:Listy

Dokumentasi P3A Sentolo di Pantai. Foto:Listy

Tagged under