Log In

Talkshow Perlindungan Hak Konsumen: Kesadaran Pangan

Pada hari Selasa, 16 Oktober 2018 Mitra Wacana WRC dan Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) mengadakan Talkshow tentang kesadaran pangan di Radio Sonora Jogja 97.4 FM yang bertempat di gedung Kompas Kota baru, Yogyakarta.

Saktya Rini Hastuti Ketua Lembaga Konsumen Yogyakarta menjelaskan tentang Hak Hak Konsumen

Salah satu fokus dari LKY tentang kesadaran pangan ialah untuk mengenalkan hak konsumen kepada masyarakat. Ketua Lembaga Konsumen Yogyakarta, Saktya Rini Hastuti, mengatakan Hak Konsumen diantaranya adalah hak atas keamanan, keselamatan dalam mengonsumsi barang dan jasa, hak memilih barang dan jasa, hak untuk didengar keluhan, hak untuk mendapatkan advokasi, hak pendidikan konsumen.

Selain itu Hastuti juga menambahkan, LKY juga mengenalkan potensi bahan lokal yang sangat banyak untuk diolah menjadi bahan pangan,  yakni mengolah pangan lokal dari bahan organik non gandum seperti umbi, terlebih lagi kandungan gizi pada umbi juga tidak kalah dengan kandungan gizi yang ada pada gandum.

LKY juga mengajak masyarakat untuk selalu menambah pengetahuannya tentang informasi Hak konsumen melalui pendidikan konsumen yang difasilitasi oleh Mitra Wacana dan LKY. Kemudian juga menambah daya kritis masyarakat untuk melakukan pengaduan bila ada permasalahan tentang hak konsumen.

Conton riil dari LKY dalam kesadaran pangan ialah pintar dalam memilah bahan makanan yang sehat untuk keluarga, dimana bahan pangan yang tersebar di masyarakat sangat rentan dan tidak sehat, dengan cara seperti melihat waktu kadaluwarsa, kemasan, dan bau dari bahan makanan tersebut. Selain itu LKY bersama Mitrawacana juga berpesan agar masyarakat dapat mengolah makanan yang sehat bagi keluarga dengan selalu meningkatkan kesadaran akan pangan bagi keluarga. [red.robi]

Tagged under

Tinggalkan Balasan