Connect with us

Berita

Relawan Mitra Wacana WRC: Perpustakaan Merupakan Alat Promosi

Published

on

Rapat Perpustakaan Mitra Wacana WRC

Sebagai lembaga swadaya yang memiliki perpustakaan, semestinya menjadi alat untuk promosi yang perlu terus menerus dilakukan. Demikian pernyataan Pipit, relawan magang perpustakaan dalam diskusi menjadi perpus yang berkualitas di kantor Mitra Wacana WRC pada Rabu (2/3/). Turut hadir dalam diskusi M. Zakki, Khotimatul Khasanah dan Ulivia Tedjo Saputri yang kesemuanya merupakan relawan magang. Diskusi pandu oleh staff media, Wahyu Tanoto.

Dalam pemaparannya Pipit menerangkan tahapan-tahapan dalam proses kodifikasi buku, yaitu observasi buku, pengelompokkan, analisa subjek, klasifikasi buku, input data, otomatisasi/otomasi dan pembuatan label buku. Pipit menambahkan bahwa dalam melakukan proses pengarsipan buku-buku tidak menutup kemungkinan seorang pustakawan mengalami beberapa kesulitan, seperti dalam melakukan analisa subjek buku karena sifatnya subjektif.

Sedangkan menurut Khotim, dalam pengelolaan perpustakaan perlu ada pembagian tugas dan peran. Ulivia Tedjo menuturkan bahwa penataan buku dan ruangan juga menjadi syarat yang perlu diperhatikan. M. Zakki mengungkapkan selama menjadi relawan magang, telah menginput lebih dari 800 buah judul buku dari 866 eksemplar buku yang dimiliki oleh Mitra Wacana WRC, oleh karena itu sangat disayangkan kalau tidak dipromosikan kepada orang lain diluar sana. Dalam akhir diskusi, para relawan magang memberikan catatan tentang perlunya ruang khusus perpustakaan dan komputer server untuk memudahkan pencarian koleksi buku. (tnt)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepala Desa Cokrodiningratan dan Kader Bumijo terbantu dengan program Pekerti dari Mitra Wacana

Published

on

Rabu (15/05/19), Mitra Wacana bersama Kepala Desa Cokrodiningratan Narotama dan Kader Perempuan Bumijo Ibu Kokom berbincang dalam talkshow di Radio Sonora 97.4 FM Jogja dengan Tema “Hari Keluarga Internasional, dampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Narotama mengatakan peran kader sangat penting bagi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam meyampaikan informasi layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan. Di sisi lain Bu Kokom juga mengatakan sangat terbantu dengan adanya proses pembelajaran dari Mitra Wacana dengan program Pekerti, sehingga kader banyak mendapat pembelajaran terkait informasi dan cara penyampaian yang tepat bagi masyaratkat. Narotama juga menambahkan sekarang kelurahan Cokrodiningratan juga melakukan inovasi melalui grup Whatsapp deteksi dini ibu dengan gangguan kehamilan. Sehingga bila terdapat ibu hamil yang terdeteksi gangguan dini dapat langsung ditangani bersama kader.

Continue Reading

Trending