Connect with us

Berita

Sophia: Satu dari Tiga Perempuan Australia Mengalami Kekerasan Fisik

Published

on

Pertemuan rutin P3A Rengganis, Kulon Progo

Pengalaman saya selama hidup di Australia ada perbedaan yang menarik dengan Indonesia. Rata-rata perempuan Australia melahirkan pertama kali pada usia tiga puluh (30) sedangkan di Indonesia sekitar 23 tahun. Di Australia satu dari tiga perempuan yang pernah mengalami kekerasan fisik dari orang dekat (pasangan), satu dari lima perempuan mengalami kekerasan seksual, satu dari empat perempuan mengalami kekerasan psikis, ungkap Sophia Dickensen dalam pertemuan rutin yang diselenggarakan oleh Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A) Rengganis, Salamrejo Kulon Progo pada Minggu (13/3).

Menurut Sophia, perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Hanya saja karena anggapan perempuan makhluk lemah maka menjadi kendala yang perlu dibenahi. Sophia menambahkan bahwa di Australia juga ada kemiskinan, sebesar tiga belas persen lebih (13,9%) dari jumlah total jumlah penduduk yang sekitar 22 juta.

Para peserta yang merupakan para anggota kelompok, tampak antusias memperhatikan pemaparan materi yang disampaikan Sophia dengan tema Australia dan hak-hak perempuan. Salah satu peserta pertemuan Tumirah, membandingkan kondisi perempuan di Kulonprogo berdasarkan pengalamannya. Kalau di sini (Kulonprogo) menurut saya perempuan kadang-kadang sebenarnya punya keinginan maju, tetapi terkendala oleh kondisi yang tidak mendukung, ungkapnya.

Pertemuan diawali dengan perkenalan masing-masing peserta, dipimpin oleh staff lapangan Mitra Wacana WRC Ignas Kleruk Mau, ditutup dengan pembahasan rencana pertemuan bulan depan yang akan memperingati hari Kartini dan penentuan tema. (Tnt)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepala Desa Cokrodiningratan dan Kader Bumijo terbantu dengan program Pekerti dari Mitra Wacana

Published

on

Rabu (15/05/19), Mitra Wacana bersama Kepala Desa Cokrodiningratan Narotama dan Kader Perempuan Bumijo Ibu Kokom berbincang dalam talkshow di Radio Sonora 97.4 FM Jogja dengan Tema “Hari Keluarga Internasional, dampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Narotama mengatakan peran kader sangat penting bagi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam meyampaikan informasi layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan. Di sisi lain Bu Kokom juga mengatakan sangat terbantu dengan adanya proses pembelajaran dari Mitra Wacana dengan program Pekerti, sehingga kader banyak mendapat pembelajaran terkait informasi dan cara penyampaian yang tepat bagi masyaratkat. Narotama juga menambahkan sekarang kelurahan Cokrodiningratan juga melakukan inovasi melalui grup Whatsapp deteksi dini ibu dengan gangguan kehamilan. Sehingga bila terdapat ibu hamil yang terdeteksi gangguan dini dapat langsung ditangani bersama kader.

Continue Reading

Trending