Log In

Sophia: Satu dari Tiga Perempuan Australia Mengalami Kekerasan Fisik

Pengalaman saya selama hidup di Australia ada perbedaan yang menarik dengan Indonesia. Rata-rata perempuan Australia melahirkan pertama kali pada usia tiga puluh (30) sedangkan di Indonesia sekitar 23 tahun. Di Australia satu dari tiga perempuan yang pernah mengalami kekerasan fisik dari orang dekat (pasangan), satu dari lima perempuan mengalami kekerasan seksual, satu dari empat perempuan mengalami kekerasan psikis, ungkap Sophia Dickensen dalam pertemuan rutin yang diselenggarakan oleh Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A) Rengganis, Salamrejo Kulon Progo pada Minggu (13/3).

Menurut Sophia, perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Hanya saja karena anggapan perempuan makhluk lemah maka menjadi kendala yang perlu dibenahi. Sophia menambahkan bahwa di Australia juga ada kemiskinan, sebesar tiga belas persen lebih (13,9%) dari jumlah total jumlah penduduk yang sekitar 22 juta.

Para peserta yang merupakan para anggota kelompok, tampak antusias memperhatikan pemaparan materi yang disampaikan Sophia dengan tema Australia dan hak-hak perempuan. Salah satu peserta pertemuan Tumirah, membandingkan kondisi perempuan di Kulonprogo berdasarkan pengalamannya. Kalau di sini (Kulonprogo) menurut saya perempuan kadang-kadang sebenarnya punya keinginan maju, tetapi terkendala oleh kondisi yang tidak mendukung, ungkapnya.

Pertemuan diawali dengan perkenalan masing-masing peserta, dipimpin oleh staff lapangan Mitra Wacana WRC Ignas Kleruk Mau, ditutup dengan pembahasan rencana pertemuan bulan depan yang akan memperingati hari Kartini dan penentuan tema. (Tnt)

Tagged under

Tinggalkan Balasan

Kongres Perempuan Indonesia III

Kongres Perempuan Indonesia III

Kongres Perempuan Indonesia III