Log In

Sosialisasi Kebersihan Lingkungan Oleh Kebakalan News

Senin, (9/10/2017) Tim Media Kebakalan News mengadakan serangkaian kegiatan di rumah Alvin (anggota Tim Media Kebakalan News) Desa Kebakalan, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan rapat oleh tim media Kebakalan News, Sosialisasi pentingnya kebersihan lingkungan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta Penampilan Seni Musik.

Rapat Tim Kebakalan News bersama dengan Muazim alias Poyeng, selaku FPO (Field Project Officer) dan empat orang CO (Community Organizer; Mutoharoh, Rully, Rusmin dan Mastur Ridho. Rapat berlangsung dari pukul 14.30 – 16.30 WIB. Rapat tersebut membahas beberapa hal, yaitu tentang tiga kebutuhan dasar Warga Negara dan Membahas tentang kesehatan, khususnya kesehatan lingkungan dan posyandu.

Selain itu, juga membahas mengenai strategi yang harus ditempuh untuk merealisasikan kebutuhan warga yang melibatkan Kelompok Marginal, Kelompok Informal, pemerintah desa dan media desa. Dalam durasi waktu dua jam tersebut, rapat juga membahas tentang pengarusutamaan gender dan persoalan sosial lainnya.

Seusai rapat, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi kebersihan lingkungan dan PHBS yang diwujudkan dengan pembuatan majalah dinding dan poster mengenai pentingnya kebersihan lingkungan. Tujuan diadakannya sosialisasi tersebut yaitu untuk menyadarkan warga Kebakalan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit.

Sebagaimana yang dikatakan Alvin bahwa berdasarkan penelitian, warga Kebakalan yang tinggalnya dekat dengan lokasi timbunan sampah berisiko terkena penyakit Tuberculosis (TBC). Hal tersebut menimbulkan keresahan warga lainnya, termasuk kelompok marjinal (perempuan, warga miskin, disabilitas dan Kelompok Intermediary (PKK, tokoh masyarakat, RT/RW, Karang Taruna, Kelompo Wanita Tani).

Kemudian kegiatan ditutup dengan penampilan seni musik oleh tim media Kebakalan News. Dengan peralatan musik tradisional yaitu angklung dan gendang, mereka menunjukkan kemampuan yang dimiliki untuk menghibur warga Kebakalan yang pada saat itu sedang ada kunjungan dari Wariyatun, asisten manajer program Mitra Wacana WRC. (Mutoharoh/Listy Kh).

Tagged under