Log In

Staff Mitra Wacana WRC Belajar Result Based Manajemen

Dalam melakukan perencanaan suatu program, sebuah lembaga perlu memperhatikan aspek sosial, politik dan memetakan kondisi masyarakat. Selain itu apabila program mulai berjalan, perlu evaluasi secara berkala, ungkap Mayus dalam pelatihan manajemen berbasis hasil di Mitra Wacana WRC selama dua hari, Rabu-Kamis (14-15/3). Menurut Mayus, evaluasi program dapat dilakukan pada awal atau pertengahan, tidak harus selalu di akhir. Hal ini dimaksudkan untuk melihat kembali perencanaan dan implementasinya, Mayus menuturkan.

Peserta pelatihan yang terdiri dari staff, pendamping lapangan kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dan Banjarnegara, Jawa Tengah. Menurut peserta dari Banjarnegara, Mansur menyatakan bahwa ada keunikan tersendiri dalam pelatihan ini, terutama dalam menganalisa sebab akibat sebelum menyusun program. Saya mendapatkan perspektif baru dalam pelatihan selama dua hari ini, apalagi saya merupakan pendamping lapngan yang kesehariannya lebih sering bertemu dengan masyarakat yang sifatnya dinamis, ungkap Desi.

Menurut kordinator penelitiana dan pengembangan, Enik Maslahah tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas semua staff lembaga, baik yang terlibat program maupun tidak. Karena pelatihan Result Based Managemen (RBM) sangat membantu dalam melihat perjalanan program lembaga. Oleh karena itu rencananya pelatihan ini rencananya akan dilakukan secara berkala. Selain RBM, besok Kamis (16/3) ada juga pelatihan jurnalistik, Enik menambahkan. (tnt)

Tagged under