Connect with us

Berita

Staff Mitra Wacana WRC Belajar Result Based Manajemen

Published

on

pelatihan berbasis hasil di Mitra Wacana WRC

Dalam melakukan perencanaan suatu program, sebuah lembaga perlu memperhatikan aspek sosial, politik dan memetakan kondisi masyarakat. Selain itu apabila program mulai berjalan, perlu evaluasi secara berkala, ungkap Mayus dalam pelatihan manajemen berbasis hasil di Mitra Wacana WRC selama dua hari, Rabu-Kamis (14-15/3). Menurut Mayus, evaluasi program dapat dilakukan pada awal atau pertengahan, tidak harus selalu di akhir. Hal ini dimaksudkan untuk melihat kembali perencanaan dan implementasinya, Mayus menuturkan.

Peserta pelatihan yang terdiri dari staff, pendamping lapangan kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dan Banjarnegara, Jawa Tengah. Menurut peserta dari Banjarnegara, Mansur menyatakan bahwa ada keunikan tersendiri dalam pelatihan ini, terutama dalam menganalisa sebab akibat sebelum menyusun program. Saya mendapatkan perspektif baru dalam pelatihan selama dua hari ini, apalagi saya merupakan pendamping lapngan yang kesehariannya lebih sering bertemu dengan masyarakat yang sifatnya dinamis, ungkap Desi.

Menurut kordinator penelitiana dan pengembangan, Enik Maslahah tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas semua staff lembaga, baik yang terlibat program maupun tidak. Karena pelatihan Result Based Managemen (RBM) sangat membantu dalam melihat perjalanan program lembaga. Oleh karena itu rencananya pelatihan ini rencananya akan dilakukan secara berkala. Selain RBM, besok Kamis (16/3) ada juga pelatihan jurnalistik, Enik menambahkan. (tnt)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepala Desa Cokrodiningratan dan Kader Bumijo terbantu dengan program Pekerti dari Mitra Wacana

Published

on

Rabu (15/05/19), Mitra Wacana bersama Kepala Desa Cokrodiningratan Narotama dan Kader Perempuan Bumijo Ibu Kokom berbincang dalam talkshow di Radio Sonora 97.4 FM Jogja dengan Tema “Hari Keluarga Internasional, dampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Narotama mengatakan peran kader sangat penting bagi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam meyampaikan informasi layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan. Di sisi lain Bu Kokom juga mengatakan sangat terbantu dengan adanya proses pembelajaran dari Mitra Wacana dengan program Pekerti, sehingga kader banyak mendapat pembelajaran terkait informasi dan cara penyampaian yang tepat bagi masyaratkat. Narotama juga menambahkan sekarang kelurahan Cokrodiningratan juga melakukan inovasi melalui grup Whatsapp deteksi dini ibu dengan gangguan kehamilan. Sehingga bila terdapat ibu hamil yang terdeteksi gangguan dini dapat langsung ditangani bersama kader.

Continue Reading

Trending