Connect with us

Berita

Talkshaw Mitra Wacana WRC Soroti Pernikahan anak di Hari Perempuan Internasional

Published

on

Talkshaw Hari Perempuan Internasional'16 ft Via

Dalam rangka memperingati Hari perempuan internasional (IWD), Mitra Wacana WRC menyelenggarakan talkshaw dengan menghadirkan narasumber Yulia Angelina (PKBI DIY) dan Astriani (Mitra Wacana WRC) dengan menganggkat tema problematika perkawinan anak di Indonesia pada Senin (7/3) di radio Sonora FM Yogyakarta.

Perkawinan anak, apapun alasannya selalu berdampak terhadap anak, khususnya anak perempuan. Meskipun ada kebijakan dispensasi nikah, tetapi hal tersebut juga terkadang tidak menjadi solusi melainkan masalah baru bagi pasangan muda ini. Yulia mengungkapkan. Menurut Astriani, pernikahan anak merupakan masalah kesehatan reproduksi dan seksual karena semakin muda umur perkawinan maka semakin panjang rentang waktu untuk bereproduksi, sehingga akan timbul dampak negatif.

Peringatan hari perempuan internasional tahun ini menurut Astriani sengaja mengangkat tema soal perkawinan anak yang saat ini makin menghawatirkan. Peringatan hari perempuan internasional ini diselenggarakan oleh beberapa lembaga; Mitra Wacana WRC, PKBI DIY, Fatayat NU DIY dan Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan (PSKK) UGM dengan sIstem kepanitiaan bersama. Selain Talkshaw, acara akan diakhiri dengan diskusi publik besok pagi Selasa (8/3) di PSKK UGM.

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepala Desa Cokrodiningratan dan Kader Bumijo terbantu dengan program Pekerti dari Mitra Wacana

Published

on

Rabu (15/05/19), Mitra Wacana bersama Kepala Desa Cokrodiningratan Narotama dan Kader Perempuan Bumijo Ibu Kokom berbincang dalam talkshow di Radio Sonora 97.4 FM Jogja dengan Tema “Hari Keluarga Internasional, dampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Narotama mengatakan peran kader sangat penting bagi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam meyampaikan informasi layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan. Di sisi lain Bu Kokom juga mengatakan sangat terbantu dengan adanya proses pembelajaran dari Mitra Wacana dengan program Pekerti, sehingga kader banyak mendapat pembelajaran terkait informasi dan cara penyampaian yang tepat bagi masyaratkat. Narotama juga menambahkan sekarang kelurahan Cokrodiningratan juga melakukan inovasi melalui grup Whatsapp deteksi dini ibu dengan gangguan kehamilan. Sehingga bila terdapat ibu hamil yang terdeteksi gangguan dini dapat langsung ditangani bersama kader.

Continue Reading

Trending