Connect with us

Berita

Talkshow Mengupas Tema Peran Perempuan Menjaga Kebhinekaan

Published

on

Talkshow Radio Sonora FM. Foto oleh Wahyu T

Diskursus tentang kebhinekaan selalu menjadi tema hangat di Indonesia. Negeri yang diberkahi dengan ragamnya suku, agama, ras dan golongan menjadi satu kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hanya saja, bingkai Indonesia yang ragam, toleran dan moderat akhir-akhir ini agak ternoda dengan gelombang munculnya radikalisme yang patut diduga ingin mengubah arah dari beragam menjadi seragam.

” Dalam keluarga memberikan teladan kepada anak-anak dalam mengahadapi perbedaan. Sesekali perlu diajak ke acara-acara yg berkaitan dengan lintas iman agar mereka melihat langsung. Perlu disediakan bahan bacaan dan film yg sifatnya menghargai pluralistas dan anti kekerasan “, ungkap Wiwin Siti Aminah, Ketua Srikandi Lintas Iman (SRILI) dalam talkshow Peran Perempuan dalam Menjaga Kebhinekaan di radio Sonora FM Yogyakarta pada Jum’at (16/6/17).

Wiwin menambahkan bahwa bekerjasama dan melakukan kampanye menyuarakan pentingnya menghargai perbedaan untuk merawat kebhinekaan. Di Indonesia, sudah banyak kearifan lokal yg bisa diberdayakan. ” Jangan sampai yang sudah ada, tergerus oleh kemajuan teknologi dan gempuran dari gerakan radikaslime “, imbuhnya. 

Sedangkan menurut Rindang Farihah (Direktur Mitra Wacana WRC) menyatakan bahwa “Mitra Wacana membangun gerakan seperti SRILI, membangun komunikasi antar perempuan penganut agama-agama berkumpul saling sharing kita menjadi tahu kendala yang dialami di komunitas masing-masing”.

” Peran yang bisa diambil adalah memberikan pelajaran untuk anak bagaimana cara bergaul, bertemu, dan  berteman dengan yang berbeda agama. Kita perlu membangun komunikasi antara anak dan para orang tua “. Ungkap Rindang. (Tnt)

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Get your documents written perfectly

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending