Connect with us

Berita

Talkshow Promosi Layanan Kesehatan Reproduksi Puskesmas Mergangsan

Published

on

Talkshow promosi layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan bersama konselor Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta Rizka Annisa, M.Psi, Psikolog dan Lilik Octa Setyawan, S.Psi, di Radio Sonora 97.4 FM Jogja, Senin (250319). Dalam talkhow tersebut ditekankan pada pemanfaatan pelayanan kesehatan konseling di Puskesmas dalam pemenuhan akses informasi kesehatan reproduksi bagi perempuan, oleh karena itu Puskesmas Mergangsan yang merupakan salah satu dari 3 puskesmas kota relasi Mitra Wacana dalam Program Peningkatan Kesehatan Reproduksi Perempuan Terintegrasi  (Pekerti), gencar mengajak masyarakat untuk mengetahui dan memanfaatkan adanya layanan konseling tersebut.

Sebagaimana dikatakan Rizka, di puskesmasnya saja terdapat beberapa pasien yang mengalami kasus kekerasan seksual hingga terjadinya KTD, oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan layanan tersebut. Sedang Octa juga menambahkan, pernah mendampingi pasien yang masih di bawah umur yang mengalami KTD, dan perlunya pendampingan konseling dalam dukungan moril maupun kesehatanya.

Penerima manfaat langsung  program Pekerti adalah perempuan dan perempuan muda. Tujuan dari program ini adalah untuk penurunan kematian ibu melalui pemberian informasi HKSR komprehensif, termasuk tentang perencanaan kehamilan dan kontrasepsi, pencegahan dan penanganan KTD, termasuk diantaranya tentang APK komprehensif.

Program ini dilakukan dengan strategi pendampingan dan dilaksanakan di 3 Kecamatan (Jetis, Tegalrejo dan Mergangsan) Kota Yogyakarta dengan wilayah sebagai berikut; Kecamatan Jetis (Kelurahan Bumijo, Cokrodiningratan dan Gowongan), Kecamatan Tegalrejo (Kelurahan Karangwaru, Kricak, Tegalrejo dan Bener), dan Kecamatan Mergangsan ( Kelurahan Brotokusuman, Keparakan, dan Wirogunan).

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Talkshow Promosi Layanan Kesehatan Reproduksi Puskesmas Tegalrejo

Published

on

Kamis (11/04/2019) Mitra Wacana bersama Puskesmas Tegalrejo mempromosikan pentingnya akses layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan dalam Talkshow Radio di Smart 102.1 FM Jogja. Kepala Puskesmas Tegalrejo dr. Abdul Latief mengatakan Puskesmas yang dipimpinnya kini termasuk yang gencar memberikan layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan, terutama remaja dan ibu. Pihaknya juga menambahkan akses layanan yang diberikan meliputi layanan konseling oleh psikolog puskesmas dan layanan KIA, serta menghimbau agar masyarakat dapat menggunakan akses layanan yang aman dan sehat seperti puskesmas. Selain itu Psikolog Puskesmas Tegalrejo Asiska Danim Indranata, M.Psi., Psikolog menambahkan, masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut dengan sebaik-baiknya dan kerahasiaan pasien akan dijaga. Siska juga menambahkan, selama ini tingkat pengunaan layanan konseling kesehatan reproduksi cukup banyak dari usia remaja hingga lansia.

Continue Reading

Trending