web analytics
Connect with us

Berita

Talkshow Promosi Layanan Kesehatan Reproduksi Puskesmas Mergangsan

Published

on

Talkshow promosi layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan bersama konselor Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta Rizka Annisa, M.Psi, Psikolog dan Lilik Octa Setyawan, S.Psi, di Radio Sonora 97.4 FM Jogja, Senin (250319). Dalam talkhow tersebut ditekankan pada pemanfaatan pelayanan kesehatan konseling di Puskesmas dalam pemenuhan akses informasi kesehatan reproduksi bagi perempuan, oleh karena itu Puskesmas Mergangsan yang merupakan salah satu dari 3 puskesmas kota relasi Mitra Wacana dalam Program Peningkatan Kesehatan Reproduksi Perempuan Terintegrasi  (Pekerti), gencar mengajak masyarakat untuk mengetahui dan memanfaatkan adanya layanan konseling tersebut.

Sebagaimana dikatakan Rizka, di puskesmasnya saja terdapat beberapa pasien yang mengalami kasus kekerasan seksual hingga terjadinya KTD, oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan layanan tersebut. Sedang Octa juga menambahkan, pernah mendampingi pasien yang masih di bawah umur yang mengalami KTD, dan perlunya pendampingan konseling dalam dukungan moril maupun kesehatanya.

Penerima manfaat langsung  program Pekerti adalah perempuan dan perempuan muda. Tujuan dari program ini adalah untuk penurunan kematian ibu melalui pemberian informasi HKSR komprehensif, termasuk tentang perencanaan kehamilan dan kontrasepsi, pencegahan dan penanganan KTD, termasuk diantaranya tentang APK komprehensif.

Program ini dilakukan dengan strategi pendampingan dan dilaksanakan di 3 Kecamatan (Jetis, Tegalrejo dan Mergangsan) Kota Yogyakarta dengan wilayah sebagai berikut; Kecamatan Jetis (Kelurahan Bumijo, Cokrodiningratan dan Gowongan), Kecamatan Tegalrejo (Kelurahan Karangwaru, Kricak, Tegalrejo dan Bener), dan Kecamatan Mergangsan ( Kelurahan Brotokusuman, Keparakan, dan Wirogunan).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Rapat Koordinasi PTPPO Dinsos DIY bersama Mitra Wacana dan BP3MI

Published

on

Senin, 19 Maret 2024 Mitra Wacana bersama BP3MI DIY diundang dalam rapat koordinasi Dinas Sosial DIY dalam Rapat Koordinasi pelaksanaan kegiatan fasilitasi pemulangan dan dukungan psikososial bagi Warga Negara Migran Korban Tindak Kekerasan. Kegiatan berlangsung di Ruang Aula Timur (Lt.2) Dinas Sosial DIY, Janti, Banguntapan.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Dinas Sosial DIY dalam penanganan korban pemulangan PMI dari luar negeri. Dari penanganan paska pemulangan PMI seperti pemberdayaan dan penanganan psikososial.

Harapanya kedepan Dinas Sosial DIY dapat bekerjasama dengan Mitra Wacana dan BP3MI dalam kolaborasi penanganan paska pemulangan PMI.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending