Log In

Training Mitra Wacana WRC di Tiga Komunitas Kulon Progo

Diskusi komunitas Rengganis untuk pemetaan desa

Diskusi komunitas Rengganis untuk pemetaan desa

Pada 2015 ini Mitra Wacana wrc mengadakan dua training untuk tiga komunitas dampingannya yang ada di Kulon Progo. Komunitas ini beranggotakan perempuan-perempuan mantan TKW. Training pertama tentang Pendidikan Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian, training kedua tentang Kepemimpinan Setara dan Public Speaking. Training-training tersebut diselenggarakan di tiga desa yang ada di tiga kecamatan di Kabupaten Kulon Progo. Adalah Komunitas Putri Pertiwi di desa Nomporejo di Kecamatan Sentolo, Komunitas Putri Menoreh di Desa Hargotirto Kecamatan Kokap dan Rengganis di Desa Salamrejo kecamatan Galur. Training Putri Menoreh dilaksanakan (12-15) Januari. Dilanjutkan ke komunitas Putri Pertiwi kecamatan Galur (17-20) Januari, dan yang terakhir di komunitas Rengganis desa Salamrejo Kecamatan Sentolo pada (17-18) Januari 2015, dilanjutkan 19 Januari dan 01 Februari. Kegiatan training ini diikuti oleh masing-masing komunitas yang beranggotakan 25 orang perempuan.
Dalam kedua training tersebut diberikan beberapa materi, diantaranya materi tentang 1) Analisis Sosial 2)Gender dan Seksualitas ,3)Perdagangan Orang atau trafficking dan 4)Pengorganisasian yang meliputi teori, prinsip-prinsip, tahapan, alur, 4)Advokasi: meliputi, teori, prinsip-prinsip, bentuk, penggalangan sekutu dan membuat rencana advokasi, 5)Kepemimpinan setara: teori, prinsip, manajemen organisasi dan 6)Public speaking.
Menurut ibu Jumini, salah satu anggota Rengganis “Training ini sangat bermanfaat untuk kami anggota Rengganis, karena banyak ilmu dan pengalaman serta pembelajaran yang bisa kami dapatkan”. Ibu jumini sudah enam bulan bergabung dengan komunitas Rengganis. “Menyenangkan sekali bisa bergabung dengan komunitas Rengganis yang diinisiasi oleh mitra wacana ini, kata ibu Jumini”
Training ini tidak hanya diikuti oleh anggota komunitas saja, ada beberapa orang disekitar komunitas yang mengikuti training dan merasa tertarik untuk ikut bergabung menjadi anggota. Salah satunya Ibu Suprihatin. “Saya memang belum ikut menjadi anggota Rengganis, tetapi sangat tertarik dengan training yang diadakan oleh Mitra wacana ini karena selalu dapat ilmu baru” kata ibu suprihatin.
Tujuan diadakan kedua training tersebut agar semakin menyadarkan mereka tentang posisi, relasi perempuan serta hak-hak mereka sebagai perempuan. Pertemuan mereka dalam rangkaian kegiatan di MItra Wacana WRC semakin memperkuat jalinan diantara mereka, karena merasa mempunyai kepentingan yang sama dari sini kemudian tumbuh komitmen bersama dalam memerangi kekerasan perempuan dan ancaman trafficking di desa mereka. (as3)

Tagged under