Log In

Women Care Karangjati Pemenang Balai Kesehatan Lansia Banjarnegara

Keterlibatan kelompok perempuan dalam pembangunan di perdesaan saat ini menjadi isu bersama yang terus menerus digaungkan. Untuk itu perempuan harus mampu berkontribusi. Ungkap Darini, peserta yang hadir dalam pertemuan rutin Pusat Pembelajaran Perempuan Dan Anak (P3A) Women Care Karangjati, Susukan, Banjarnegara pada Jum’at (26/2). Hadir dalam pertemuan tersebut tim Mitra Wacana WRC Yogyakarta, Enik, sony dan ulivia serta pendamping masyarakat Purwanti.

Menurut Ulivia relawan dari Mitra Wacana WRC yang turut dalam pertemuan, menyatakan bahwa keberadaan kelompok perempuan di suatu desa diperlukan sebagai mitra kerja pemerintah desa. Selain itu, dapat memberikan kontribusi pemikiran dan ide sebagai masukan terutama untuk persoalan perempuan dan anak yang akhir-akhir ini mengkhawatirkan, apalagi dengan banyaknya korban sebagaian besar adalah perempuan. Sedangkan menurut pendamping lapangan Purwanti, maju mundurnya organisasi tergantung para anggotanya. Oleh karena itu, pertemuan rutin perlu dilakukan untuk memperkuatnya.

Terungkap dalam pertemuan bahwa P3A Women Care baru saja memenangkan perlombaan Balai Kesehatan Lansia tingkat kabupaten Banjarnegara karena telah berhasil mempresentasikan pengetahuan kesehatan reproduksi. Menurut para anggota dan ketua Women Care, Darini mengungkapkan bahwa keberhasilan kelompoknya tidak lepas dari pendampingan yang selama ini dilakukan oleh Mitra Wacana WRC, secara sukarela dan gratis serta dengan sabar membagikan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, gender dan kekerasan terhadap perempuan, terangnya. (wtn)

Tagged under