web analytics
Connect with us

Opini

Experience with beauty standard

Published

on

Dionne De Groot
Volunteer Mitra Wacana

Halo semua! First, I will introduce myself. Nama saya Dionne, saya dari Belanda. Two years ago I wanted to come to Indonesia, to do my internship here. Unfortunately that was not possible because of Covid. In July 2022 I have graduated in Belanda from Social Work (perkerjaan Social). I still wanted to discover Indonesia, the culture, the people, the food and how the Social Workers work here. Right now I am volunteering at Mitra Wacana, until the end of June.

I will tell you about the beauty standard that I was surprised to see. In my first two weeks a lot of people were staring at me. Which is fine, because I can understand that I am different here, I am the Bulé. But what I did not understand the first few times was why people pinched their nose when they saw me, sometimes people would say that I am beautiful. But I think that Indonesian people are more beautiful dan people from Belanda. When I told them that, they started laughing.

A few weeks ago I had a nice conversation with a colleague of mine. She explained to me that the beauty standard in Indonesia is to have a small nose, red lips, round eyes and a white skin. This comes from the history between Indonesia and Belanda. That was the first time I heard most of the beauty features one after the other.

In Belanda, before the 20th century the beauty standard used to be a white skin. In the beginning of the 20th century there was found a link between vitamin D deficiency and sunlight. It became clear that sunlight could help you get rid of certain ailment, the taboo of a tanned skin faded away.

Nowadays a tanned skin is part of the beauty standard. In Belanda a lot of people are paying money to get a tan, through a spray-tan, a tanning bed and self-tanner. Even though research is teaching us that to many UV radiation (in sunlight) can cause diseases on long term, such as skin cancer.

Our beauty standard is also influenced by America and influencers on social media. Our beauty standard is to have big boobs, a small waist and a big bum. Even skin is also a beauty standard. There are a lot of expensive face creams on the marked, to reduce wrinkles (although sometimes they don’t work). If you ask me, Indonesian people do have les wrinkles and a more even skin than people from Belanda.

It is almost kind of crazy that we are comparing ourselves to other people that live thousands of miles away. And we all do that. I think it would be much easier if we didn’t do that, and just be happy with ourselves. I know that it’s not realistic. But I believe that it’s good to be aware of it.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Opini

Puisi ‘Dendam’ Karya Chairil Anwar: Estetika dan Semiosis Peirce Cinta Aulia Margaretha Habeahan

Published

on

Cinta Aulia Margaretha Habeahan
Mahasiswa Sastra Indonesia, Universitas Andalas

Estetika adalah cabang filsafat yang mempelajari keindahan. Estetika merupakan bagian dari seni, seni yang berhubungan dengan keindahan. Menurut Aristoteles (1993:28) keindahan menyangkut pada keseimbangan dan keteraturan ukuran, yakni ukuran material, dan pandangannya dengan ini berlaku untuk benda-benda alam maupun untuk karya seni buatan manusia. Bagi karya sastra, estetika sebagai aspek-aspek keindahan sastra yang didominasi oleh gaya bahasa. Keindahan bahasa tidak terkandung dalam bentuk huruf melainkan dalam isi suatu karya. Maka dari itu, estetika dan sastra memiliki hubungan yang begitu erat, di mana estetika berperan sebagai landasan dalam memahami dan menciptakan keindahan suatu karya sastra.

Karya sastra begitu banyak memiliki keindahan gaya bahasa terutama yaitu puisi. Puisi merupakan ungkapan atau curahan hati penyair dan kumpulan bahasa yang setiap baitnya memiliki makna. Salah satu puisi yang memiliki keindahan bahasa yaitu puisi ‘Dendam’ karya Chairil Anwar, yang ditulis pada 13 Juli 1943, dalam buku kumpulan puisi yang berjudul Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus (1949).

Dalam puisi ‘Dendam’ karya Chairil Anwar ini bukan hanya sebuah lontaran emosi saja, melainkan suatu luapan kata-kata kelam, kegelisahan batin, dan pencarian makna dalam kehidupan. Melalui larik-larik yang pendek dan iteratif, Chairil menggambarkan dendam batin manusia yang tidak dapat diluapkan secara langsung.

Namun, melihat lebih jauh, puisi ini dapat dibedah melalui elemen estetika – dari segi pendekatan estetika dan semiosis (tanda dan makna). Berikut puisi ‘Dendam’ karya Chairil Anwar:

Dendam

Berdiri tersentak

Dari mimpi aku bengis dielak

Aku tegak

Bulan bersinar sedikit tak nampak

Tangan meraba ke bawah bantalku

Keris berkarat kugenggam di hulu

Bulan bersinar sedikit tak nampak

Aku mencari

Mendadak mati kuhendak berbekas di jari

Aku mencari

Diri tercerai dari hati

Bulan bersinar sedikit tak nampak

13 Juli 1943

Sumber: Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus (1949)

 

Semiosis yang digunakan Charles Sanders Peirce sebagai tindak pertandaan, proses pertandaan, atau proses semiotis. Sehingga, dapat menelusuri bagaimana makna-makna tersembunyi dalam puisi yang dibentuk melalui system tanda.

  • Dari mimpi aku bengis dielak

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata bengis yaitu kejam, penderitaan, tajam dan pedas; sedangkan kata dielak ialah imbuhan yang membentuk kata kerja pasif dari kata elak yaitu menghindar. Maka, dari bait ini dapat disimpulkan ia terbangun dari mimpinya dengan perasaan yang kejam dan ada keinginan untuk membalas dendam.

  • Bulan bersinar sedikit tak nampak

Dalam bait ini bulan melambangkan perasaan, kemampuan, bahkan harapan, dan puisi ini ditandai dengan kegelapan, cahaya bulan yang tak terlihat lagi. Maka, dimaknai sebagai harapan yang nyaris hilang.

  • Keris berkarat kugenggam di hulu

Kata keris sebagai simbol warisan, kekuatan, dan sekaligus kekerasan. Karat di keris menyiratkan bahwa dendam itu lama tersimpan, bukan sekadar amarah sesaat. Maka, kata keris dan berkarat membawa konotasi kekerasan, dan warisan dendam lama.

  • Diri tercerai dari hati

Bait ini menandakan ia tak hanya marah, tapi juga mendapatkan kehampaan dari hati, sekaligus kehilangan hubungan dengan jiwanya sendiri.

 

Maka, melalui pendekatan estetika dapat ditemukan bahwa keindahan dalam puisi ‘Dendam’ ini adanya kegelapan, dendam, dan kekosongan. Chairil Anwar tidak menunjukkan kedamaian, tapi memperlihatkan luka dan menghadirkan perasaan dan penderitaan dalam puisinya. Melalui semiosis Peirce, dapat dipahami bahwa puisi ini dapat system tanda yang kompleks. Dari kata-kata seperti keris, bulan, dan diri tercerai menjadi tanda-tanda yang menciptakan makna begitu terikat dengan trauma, kegelisahan batin, dan kekosongan hidup.

Continue Reading

Trending