Log In

Terimakasih Para Relawan, Kalian Hebat

Pada 27-28 September 2014 kemarin Mitra Wacana WRC mengadakan pameran foto di Jogja Nasional Museum. Pameran foto yang bertema “Mozaik Realitas Perempuan Masa Kini” tersebut sejak awal melibatkan relawan yang hampir semua adalah mahasiswa. Teman-teman relawan inilah yang dari konsep sampai implementasi kegiatan berperan besar sehingga pameran tersebut bisa diadakan. Kebanyakan teman relawan ini adalah mahasiswa dari UGM, UNY dan UIN.

Digawangi oleh mba Fani latifah sebagai ketua panitia lomba, teman-teman relawan bergerak melakukan aktivitas persiapan dari awal sampai akhir. Karena teman-teman relawan ini masih pada kuliah aktivitas persiapan lomba dan pameran foto saling bergantian sehingga tidak begitu mengganggu aktivitas perkuliahan. Lomba dan pameran foto ini sebenarnya ingin dilakukan di bulan juni 2014 tapi beberapa teman relawan terlibat penelitian di Kalimantan sehingga pamerannya dilaksanakan di bulan September.

Persiapan teman-teman relawan ini sungguh luar biasa, dari segi konsep dan pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar, walaupun memang masih ada beberapa hal dari segi pelaksanaan menjadi catatan sebagai bahan evaluasi tapi secara keseluruhan proses pelaksanaan lomba dan pameran foto berjalan sesuai rencana. Salutnya lagi saat pelaksanaan pameran dan beberapa hari sebelumnya untuk persiapan, energi yang dikeluarkan teman-teman sungguh luar biasa. Karena banyak hal yang harus dikerjakan agar acara bisa berjalan sesuai rencana. Saat yang paling menguras energi adalah saat sehari sebelum acara, karena banyak sekali aktivitas yang dilakukan untuk menyiapkan pameran yang dibuka esok harinya. Sehari sebelum dibuka pameran fotonya, teman-teman bersama-sama membuat figura berbahan karton untuk membingkai foto yang akan dipamerkan. Pengerjaan figura ini lumayan banyak yang pada akhirnya beberapa teman harus begadang sampe shubuh untuk mengerjakan figura tersebut, bahkan Mba Fani Lathifah ketua panitianya sampai tidak tidur sama sekali. Tapi syukur Alhamdulillah menjelang dibukanya acara pameran, foto sudah difigura dan di pasang menggantung menempel ditembok.

Dalam pameran foto tersebut juga diramaikan oleh pagelaran seni, seni tari dan juga seni musik dari berbagai band. Koordinator acara, mba Olga, dengan matang telah menyiapkan pertunjukkan pameran foto tersebut agar tidak monoton dan garing. Dengan dimeriahkan seniman-seniman yang masih pelajar dan mahasiswa tersebut pameran foto tersebut terasa hidup dan tidak membosankan. Di hari pertama acara dibuka oleh sajian tari tradisional yang dibawakan oleh mba Ayu selanjutnya dibawakan hiburan-hiburan bernuansa anak muda yang dibawakan oleh Pom-pom Boys: Ant 48, Sarjana Sebut Band, Fredgykustik Band dan di hari kedua dimeriahkan oleh She is Runner Band, the brothers , JW and Friends Bands, Noemi Band, Raiswara Band, dan yang terkahir ada Najib dan Friends Band. Secara keseluruhan acara pameran foto ini berjalan dengan baik dan lancar, pengunjung juga lumayan cukup banyak apalagi dimalam hari, kebetulan juga pameran foto tersebut berbarengan dengan pameran seni rupa dari mahasiswa ISI yang diadakan dilantai dua sehingga kedua kegiatan ini saling menopang karena pengunjung disajikan oleh dua pameran di temapat yang sama hanya berbeda lantai saja.

Atas suksesnya acara pameran foto tersebut Mitra Wacana sebagai penanggung jawab kegiatan mengucapkan banyak-banyak terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada relawan yang mau bersusah payah menghabiskan waktu,tenaga bahkan uang untuk terlibat dalam kegiatan lomba dan pameran foto tersebut. Adanya partisipasi aktif dari teman-teman relawan muda ini membangkitkan asa bahwa kepedulian terhadap isu gender bisa disebarluaskan lewat berbagai media dan aktivitas. Semoga ke depan berbagai kegiatan yang berupa kampanye dan aktivitas-aktivitas sosial lainya bisa terus melibatkan generasi muda sebagai generasi penerus sehingga rasa kepedulian tersebut sudah ditanamkan sejak awal. Salut untuk para relawan…dan terimakasih… (rif)

Tagged under