web analytics
Connect with us

Kulonprogo

Graha Media dan Karang Taruna Adakan Diskusi Managemen Organisasi

Published

on

Grahamedia dan Karang Taruna adakan diskusi managemen organisasi

Tim Grahamedia beserta Karang Taruna Anjir melakukan pertemuan rutin di Dusun Anjir Kalurahan Hargorejo pada jum’at, 12 Januari 2024 pukul 20.00-22.00 wib . Pertemuan ini membahas tentang managemen organisasi.
Pertemuan ini dihadiri oleh 23 orang perwakilan dari grahamedia, anggota karang taruna anjir, KKN dari UMY beserta pendamping / CO dari Mitra Wacana. Pertemuan dibuka oleh pengurus karang taruna dukuh anjir kemudian mempersilahkan CO untuk memulai kegiatan diskusi tentang management organisasi. Sebelum masuk ke materi terlebih dahulu CO memoderatori pertemuan tersebut untuk sesi perkenalan KKN dari UMY sekaligus penyampaian program kerja apa yang akan dilakukan selama 1 bulan ini. Dari pemaparan tersebut kemudian karang taruna dan KKN mendiskusikan program apa saja yang perlu untuk dikolaborasikan.

Setelah diskusi tersebut rampung kemudian CO membuka diskusi tetang managemen organisasi. CO menggali pengetahuan peserta dengan menanyakan apa itu managemen organisasi. Mbak anisa dari grahamedia mengungkapkan bahwa managemen organisasi itu ya mengatur arah jalannya organisasi, kemudian dari perwakilan KKN juga mengungkapkan bahwa managemen organisasi itu bagaimana kita mengelola organisasi tersebut. Kemudian CO bertanya lagi tentang tujuan dari organisasi itu apa? Mengapa penting sebuah organisasi memiliki tujuan. Pertanyaan ini dilakukan agar para peserta melakukan refleksi kembali akan tujuan dan keberadaan karang taruna yang selama ini mereka ikuti.

Setelah sesi brainstorming selesai kemudian dilanjutkan ke pembahasan materi. Dalam pembahasan ini CO menyampaikan beberapa poin materi antara lain :

1. Definisi manajemen organisasi
2. Latar belakang pelaksanaan manajemen organisasi
3. Tahapan manajemen organisasi, dari mulai perencanaan hingga pengendalian
4. Komponen yang harus ada dalam pelaksanaan manajemen organisasi

CO menganalogikan sebuah organisasi seperti sebuah kendaraan yang harus memiliki tujuan. Apakah selama ini kendaraan tersebut sudah melalui rute yang ditentukan atau malah sebaliknya hanya berputar-putar saja di tempat. Hal ini perlu direfleksikan bersama. Banyak faktor yang mempengaruhi berkembangnya sebuah organisasi mulai dari SDM, Komitmennya, Finansialnya sampai dengan Visi yang ingin di capainya. Untuk itu perlu dipersiapkan dan diatur sedemikan rupa agar rute dari organisasi ini agar sesuai dengan perencanaan yang disusunnya.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh pak dukuh padukuhan anjir. Pak dukuh menyampaikan harapannya kepada pengurus karang taruna yang baru ini agar mampu membawa perubahan positif di lingkungannya. Karang taruna juga diharapkan mampu menggali potensi” baik SDM maupun potensi lainnya untk kemajuan dukuh anjir ini. diakhir sesi pak dukuh mempersilahkan KKN untuk melakukan program-program yang telah disusunnya berkolaborasi dengan karang taruna. (ruly)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Komitmen Bersama Peningkatan Pelindungan Warga dari Ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang di Kabupaten Kulon Progo, DIY

Published

on

 

Usulan Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak dan Komunitas Media Desa Se-Kabupaten Kulon Progo Tentang “ Pelindungan Warga dari Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)”

Komitmen Bersama Peningkatan Pelindungan Warga dari Ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang di Kabupaten Kulon Progo, DIY

Kulon Progo, 24 April 2024

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending