web analytics
Connect with us

Berita

Live Talkshow Sinau Sareng #33 “Meningkatnya angka perceraian di masa pandemi”

Published

on

Selasa (30/02/2021), Mitra Wacana mengadakan live talkshow sinau sareng ke-33 di studio Mitra Wacana bertemakan “Meningkatnya angka perceraian di masa pandemi”. Menghadirkan narasumber pegiat Mitra Wacana Yogyakarta dan advokat – Saktya Restu Baskara dan sebagai pembawa acara dari divisi media dan litbang – Arif Sugeng Widodo.

Angka perceraian di tengah pandemi Corona saat ini terus meningkat. Dilansir dari Kompas TV, telah tercatat saat pandemi Covid-19 total angka perceraian sepanjang Maret 2020 hingga Februari 2021 mencapai 5.709 kasus. Dan 3.513 kasus perceraian diantaranya disebabkan oleh faktor ekonomi serta ketidaksiapan mental.

Di sisi lain, Komnas Perempuan lebih berfokus pada motif yang menyebabkan terjadinya perceraian. Misalnya motif disebabkan karena adanya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Pegiat Mitra Wacana – Saktya Restu Baskaar mengatakan, rata-rata kasus perceraian terjadi karena faktor ekonomi dan ketidak harmonisan keluarga. Pihaknya juga sering mendampingi kasus perceraian sebagai advokat di Yogyakarta yang kasusnya juga terus meningkat, dan angka perceraian tertinggi terjadi di daerah Bantul, Sleman, & Kota Yogyakarta. Faktor tertinggi penyebab perceraian di masa pandemi diakibatkan oleh faktor ekonomi.

Restu menghimbau agar timbulnya kesadaran pemahaman adil gender dan saling keterbukaan komunikasi antara pasangan. Mencari solusi terbaik lebih bijak daripada menempuh jalur perceraian yang timbul akibat emosi secara spontan.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Mitra Wacana Terima Penghargaan Hassan Wirajuda Pelindungan Award 2023 dari Kementrian Luar Negeri RI

Published

on

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia menggelar penganugerahan Hassan Wirajuda Pelindungan WNI Award (HWPA) 2023 untuk memberikan apresiasi kepada pihak yang telah berjasa dalam pelindungan WNI. Penghargaan itu diberikan kepada 23 individu atau entitas dari berbagai kalangan.

Perkumpulan Mitra Wacana menyabet penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award pada Jumat (26/04/2024). Penghargaan kali ini diterima oleh Istiatun, Ketua Perkumpulan Mitra Wacana untuk kategori Masyarakat Madani. Selama ini Mitra Wacana dikenal sebagai organisasi yang konsen terhadap isu Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

HWPA, sebagaimana diketahui, merupakan penghargaan yang diberikan kepada individu dan badan/organisasi yang dianggap terlibat dalam pengawasan berbagai kegiatan Kementrian Luar Negeri untuk memberikan pelayanan dan perlindungan yang telah dilaksanakan sejak 2015.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending