web analytics
Connect with us

Opini

MENDUKUNG KEMANDIRIAN MAHASISWA DALAM ERA AI

Published

on

Sumber gambar: Freepik

Kharisma Miftha
Mahasiswa Manajemen Administrasi Universitas Sebelas Maret

Artificial Intelligence atau AI merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu meniru kemampuan intelektual manusia. Kehadiran AI atau telah mengubah banyak hal, terutama di dunia pendidikan. Sebagai mahasiswa di era modern ini, kita sangat terpengaruh oleh kemajuan teknologi, khususnya dalam bidang AI. AI bukan lagi hal yang asing bagi kita; sebaliknya, itu telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kegiatan belajar, interaksi sosial, dan bahkan dalam proses berpikir kita sehari-hari.

Dampak Positif AI dalam Pendidikan

Salah satu dampak Posistif AI bagi mahasiswa adalah kemudahan dalam mengakses informasi. Berkat AI, akses terhadap pengetahuan tidak lagi terbatas pada buku dan dosen saja, tetapi juga meliputi berbagai platform e-learning, basis data digital, dan sistem tutor virtual. Ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan sumber daya pendidikan secara lebih efisien dan tepat waktu.

Selain itu, dampak positif AI lainya yaitu kemampuannya dalam memfasilitasi pembelajaran dan inovasi. AI memudahkan kita mendapatkan jawaban dan solusi dengan cepat. Ketika kita merasa bingung atau memerlukan informasi, kita bisa mencari apapun di AI seperti ChatGPT, GeminiAI, Flexibility, dan AI lainnya. Dengan bantuan AI juga bisa memberikan sudut pandang baru dan ide-ide yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Dengan berbagai algoritma canggih dan basis data yang luas, AI mampu menghubungkan informasi dari berbagai sumber dan menghasilkan ide-ide inovatif yang dapat kita kembangkan lebih lanjut. Ini sangat membantu dalam tugas-tugas akademik yang memerlukan kreativitas dan pemikiran kritis.

Dengan demikian, AI berperan penting dalam mendukung pembelajaran dan inovasi bagi mahasiswa. Dengan memanfaatkan teknologi ini secara bijak, kita dapat mengoptimalkan proses belajar, memperkaya ide-ide, dan menjadi lebih kreatif dalam berpikir.

Dampak Negatif penggunaan AI dalam Pendidikan

Namun, penggunaan AI dalam pendidikan juga menimbulkan beberapa kekhawatiran. Salah satunya adalah ketergantungan yang berlebihan terhadap teknologi. Mahasiswa dapat menjadi terlalu bergantung pada AI untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka tanpa melakukan pemikiran kritis yang diperlukan. Ini bisa mengurangi kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan analitis dan penalaran yang mandiri.

Selain itu, ada kekhawatiran tentang pengurangan interaksi tatap muka. Penggunaan AI untuk mendapatkan informasi dan menyelesaikan tugas dapat mengurangi frekuensi interaksi langsung antara mahasiswa dan dosen, serta antara sesama mahasiswa. Akibatnya, mahasiswa mungkin kehilangan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan interpersonal yang penting, seperti komunikasi verbal, empati, dan kerja sama tim. Interaksi tatap muka sangat penting untuk membangun hubungan sosial yang kuat dan untuk belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain, memahami perspektif yang berbeda, dan menyelesaikan konflik secara efektif.

 

Apa saja Solusi yang dapat kita ambil ??

Setelah kita mengetahui dampak negatif dari penggunaan AI, Kita Sebagai Mahasiswa dapat mengambil langkah langkah Untuk menghindari kecanduan atau ketergantungan pada AI tersebut, berikut beberapa langkah yang dapat kita lakukan :

  1. Batasi Waktu Penggunaan

Tetapkan batasan waktu yang jelas untuk menggunakan AI. Misalnya, kita bisa menetapkan aturan hanya menggunakan AI untuk mencari informasi atau membantu dalam tugas-tugas tertentu selama periode waktu tertentu setiap hari.

  1. Berlatih Kemandirian

Teruslah melatih diri untuk menyelesaikan masalah atau tugas secara mandiri sebelum mengandalkan bantuan AI. Cobalah untuk selalu mencari jawaban atau menyelesaikan masalah sendiri terlebih dahulu. Ini akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Misalnya, sebelum bertanya kepada AI tentang topik tertentu, tuliskan dulu apa yang sudah Anda ketahui dan apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut. Ini tidak hanya membantu dalam memahami topik lebih baik tetapi juga mengurangi ketergantungan pada AI.

  1. Gunakan AI dengan Bijak

Gunakan AI sebagai alat bantu, bukan pengganti dari usaha dan proses berpikir kritis kita. AI harus dilihat sebagai salah satu dari banyak alat yang dapat mendukung pembelajaran, bukan satu-satunya. Selalu lakukan evaluasi terhadap jawaban atau solusi yang diberikan oleh AI untuk memastikan kebenaran dan relevansinya. Bandingkan informasi yang diberikan AI dengan sumber lain untuk memastikan keakuratan dan validitasnya. Ini membantu dalam mengembangkan keterampilan verifikasi informasi yang kritis.

  1. Diversifikasi Sumber Informasi

Selain menggunakan AI, luangkan waktu untuk memeriksa sumber informasi lain seperti buku teks, artikel ilmiah, atau berdiskusi dengan teman atau dosen. Diversifikasi sumber informasi membantu memperluas perspektif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

  1. Berinteraksi dengan Manusia

Jaga keseimbangan antara interaksi dengan AI dan interaksi dengan orang lain. Diskusi dengan teman, berpartisipasi dalam kelompok studi, atau berkonsultasi dengan dosen dapat membantu menambah pemahaman kita dan mengurangi ketergantungan pada AI. Interaksi sosial ini juga penting untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Membangun jaringan belajar dengan teman sekelas atau kelompok studi bisa memberikan wawasan baru dan solusi yang mungkin tidak kita dapatkan hanya dari AI.

AI menghadirkan peluang besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, namun penggunaannya perlu dilakukan secara bijak dan bertanggung jawab. Mahasiswa harus memanfaatkan AI sebagai alat bantu untuk memperkaya pembelajaran, bukan sebagai pengganti proses belajar dan interaksi sosial. Dengan menyeimbangkan penggunaan AI dan metode pembelajaran tatap muka, kita sebagai mahasiswa dapat memaksimalkan potensi dan menjadi pembelajar yang mandiri, kritis, dan kreatif di era digital ini

Gunakan AI untuk membuka potensimu, bukan untuk menggantikanmu!!!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Opini

Pengalaman Magang di Mitra Wacana Yogyakarta

Published

on

Oleh Eni Nur Chayati
Mahasiswa Universitas Widya Mataram 
 

             Saya adalah mahasiswa Universitas Widya Mataram Yogyakarta yang sedang menempuh semester akhir. Kewajiban magang membuat saya harus mencari tempat untuk menghabiskan setidaknya dua bulan berkegiatan di luar kampus. Saya mahasiswa jurusan Sosiologi, saya berminat pada pekerjaan sosial dan isu gender, khususnya perempuan. Maka ketika saya menemukan akun Mitra Wacana pada platform Instagram, saya segera mengonfirmasi tentang kesempatan magang di sana. Akhirnya, saya mendapat kesempatan magang di Mitra Wacana dari tanggal 1 Oktober – 30 November 2024 bersama dua teman saya.

               Kesan di hari pertama tiba di kantor Mitra Wacana adalah bingung dan tentu saja, canggung. Tetapi seperti kebanyakan LSM yang saya ketahui, suasana kantornya sangat homey. Kami memilih untuk bergabung ke divisi pendidikan dan pengorganisasian, yang setelah itu saya tahu, dikoordinatori oleh Mas Mansur. Kebingungan berlanjut sampai hari-hari berikutnya, sebab kami harus menentukan sendiri program kerja yang akan kami laksanakan. Dengan kesadaran untuk berkembang dan mencari pengalaman, kami mengajukan tiga proker untuk kegiatan kami selama dua bulan; building capacity, diskusi tematik, dan mini riset.

               Kami mulai berkegiatan pada minggu kedua bulan Oktober. Suasana antara staf dan mahasiswa magang mulai mencair. Saya dan kawan-kawan mulai bisa beradaptasi serta berdiskusi tentang latar belakang dan cerita masing-masing—tak lupa juga melontarkan banyak pertanyaan tanpa henti. Magang di Mitra Wacana sangat fleksibel. Jumlah agenda kami turun lapangan selama magang hanya satu kali, yaitu ke Kulon Progo untuk edukasi pencegahan KDRT. Hal ini dikarenakan pada bulan Oktober kemarin Mitra Wacana baru saja menyelesaikan program tahunan dan sedang dalam masa evaluasi. Maka kami berkegiatan sekenanya sambil berusaha mencari apapun yang bisa dijadikan pengalaman.

               Banyak ilmu yang saya dapatkan lewat proker yang kami susun. Di diskusi tematik, saya belajar mengorganisir suatu acara, yang pada saat itu bertemakan perempuan marginal, sehingga saya juga mendapat pandangan terkini mengenai isu gender dan marginalisasi perempuan. Pada kegiatan building capacity, saya mengetahui manajemen kerja NGO dan tetek-bengeknya.

     Terakhir, yang menjadi pengalaman paling ‘nano-nano’ adalah pembuatan—pertama kalinya—sebuah mini riset. Pengerjaannya menuntut pikiran dan tenaga tetapi hasilnya begitu memuaskan. Kami berhasil merangkum pengetahuan serta pengalaman staf dalam riset yang berjudul “Perspektif Staf Mitra Wacana Terhadap Marginalisasi Perempuan di Desa Dampingan P3A”. Berbagai hasil dan hal-hal menyenangkan di Mitra Wacana tidak luput dari peran seluruh staf yang menciptakan lingkungan suportif dan sikap keterbukaan kepada mahasiswa magang. Magang di Mitra Wacana mendorong saya untuk berpikir lebih praktikal dan mengambil aksi mengenai isu gender yang selama ini hanya saya pahami dalam kepala.

Sekian, yang dapat saya tuliskan mengenai pengalaman ketika menjadi mahasiswa magang di Mitra Wacana. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca. Terima kasih.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending