web analytics
Connect with us

Kulonprogo

Mitra Wacana Adakan Pelatihan Pembuatan Video di Galur

Published

on

Sabtu, 9 Maret 2024 Mitra Wacana melaksanakan pelatihan pembuatan video konten kampanye yang dihadiri oleh media desa se-kecamatan Galur (Banaran, Nomporejo dan Tirtorahayu). Pelatihan dilakukan di Warung Raos Ndeso, Banaran, Kulon Progo. Sebanyak 11 orang dari perwakilan dari 3 desa ini mengikuti kegiatan pelatihan dengan antusias. Pelatihan ini difasilitatori Robi Setiawan (CO Kecamatan Sentolo) yang menyampaikan materi tentang bagaimana membuat konten video kampanye.

Mulanya peserta diajak untuk memperkenalkan diri, menuliskan harapan dan kekhawatiran. Hal ini dilakukan untuk melihat apa saja harapan peserta saat mengikuti kegiatan ini dan apa saja kekhawatiran mereka yang dapat mengganggu jalannya pelatihan. Setiap peserta menuliskan kertas kemudian menempelkannya di tempat yang sudah disediakan oleh fasilitator.

Setelah semua menyampaikan kemudian peserta diajak untuk mendiskusikan kontrak belajar sebagai kesepakatan bersama. Hal ini menempatkan peserta bukan hanya sebagai objek dari pelatihan ini tetapi sebagai subjek dan memiliki hak yang sama untuk mengusulkan dan menyepakati proses pelatihan ini.

Fasilitator melanjutkan dengan penyampaikan materi. Di awal pemaparan, fasilitator mencoba menggali pengetahuan dari peserta tentang pembuatan video. Dalam pemaparannya fasilitator menyampaikan materi tentang managemen dalam pembuatan video / film mulai dari pra-produksi, produksi maupun sampai dengan pasca produksi.

Selain pemaparan materi, seluruh peserta juga praktik langsung dalam pembuatan video. Seluruh peserta dikelompokkan berdasarkan desanya. Setelah itu mereka harus membuat perencanaan produksi dengan memilih ide film, pembuatan premis, sampai dengan pembuatan scenario.

Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok media desa Banaran memilih tema tentang pencemaran lingkungan yang mengakibatkan penyu memakan sampah, kelompok media Nomporejo memilih tema pergaulan bebas yang mengkhawatirkan serta kelompok media Tirtorahayu memilih tema bahaya judi online.

Fasilitator menyarankan atau mendorong teman-teman media desa dapat memvisualisasikan konsep yang telah mereka susun sebagai rencana tindak lanjut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Komitmen Bersama Peningkatan Pelindungan Warga dari Ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang di Kabupaten Kulon Progo, DIY

Published

on

 

Usulan Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak dan Komunitas Media Desa Se-Kabupaten Kulon Progo Tentang “ Pelindungan Warga dari Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)”

Komitmen Bersama Peningkatan Pelindungan Warga dari Ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang di Kabupaten Kulon Progo, DIY

Kulon Progo, 24 April 2024

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending