web analytics
Connect with us

Uncategorized @id

Mitra Wacana Ajak Warga Kokap Giatkan TBM

Published

on

Workshop manajemen organisasi di Kecamatan Kokap. Foto oleh Wahyu T

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah wadah untuk saling bertukar pikiran dan bersama-sama mencari solusi, ungkap Saktya Restu Baskara, pendamping masyarakat kecamatan Kokap dari Mitra Wacana ketika mengawali pembukaan workshop manajemen organisasi dan perencanaan kerja Taman TBM. Bertempat di aula Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo, sejumlah masyarakat dari tiga desa; Kalirejo, Hargorejo, Hargotirto mengikuti kegiatan tersebut pada Kamis (4/5/17) dan Jum’at (5/5/17).

Selama dua hari para peserta yang merupakan perwakilan dari organisasi Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A), Karang Taruna, PKK dan organisasi lainnya diajak untuk merumuskan arti pentingnya TBM. Diawali oleh Ngatiyar dari Mitra Wacana mengajak peserta untuk melihat kembali posisi P3A dan TBM di tengah masyarakat.
Menurut Ngatiyar manajer program area Kulon Progo Mitra Wacana menyebutkan bahwa P3A dan TBM saling terkait karena keduanya merupakan organisasi yang dibentuk oleh warga masyarakat sendiri. Di dalam P3A atau TBM bisa mendiskusikan tentang perdagangan orang atau isu yang lainnya.

“ Saya merasa TBM sangat dibutuhkan agar masyarakat gemar membaca dan berkumpul, ungkap Siti Bariroh ”. Sedangkan menurut Titik dari desa Kalirejo menyatakan bahwa sekarang ini masyarakat lebih suka membaca menggunakan telepon seluler. “ Saya yang orangtua lebih suka membaca buku, karena mudah dicari, kalau menggunakan HP gampamg lupa ”.

Menurut Wahyu Tanoto fasilitor yang menemani peserta selama dua hari mengungkapkan bahwa membaca tidak harus selalu dalam bentuk berupa buku, namun buku memiliki peran penting dalam menambah pengetahuan dan wawasan. “ Seperti kalimat bijak yang biasa kita dengar bahwa membaca adalah jendela ilmu, karena itu banyaklah membaca”, ungkapnya.

Di akhir pertemuan yang dihadiri oleh 25 peserta membuat rencana melakukan diskusi Bedah Buku tentang perdagangan manusia pada 23 Mei 2017 di tempat yang sama.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opini

KONSTRUKSI MEDIA MASSA TERHADAP CITRA PEREMPUAN

Published

on

Sumber: Freepik
TANTANGAN GERAKAN PEREMPUAN DI ERA DIGITAL

Lilyk Aprilia Volunteer Mitra Wacana

Di era globalisasi, media massa menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat baik digunakan sebagai alat untuk komunikasi, mencari informasi, atau hiburan. Media massa terus mengalami perkembangan dari yang mulanya konvensional hingga sekarang menjadi modern . Berbicara mengenai media massa tentu ada hal yang menjadikan media massa memiliki nilai tarik tersendiri terlebih jika dihubungkan dengan keberadaan perempuan.

      (Suharko, 1998)  bahwa tubuh perempuan digunakan sebagai simbol untuk menciptakan citra produk tertentu atau paling tidak berfungsi sebagai latar dekoratif suatu produk.  Media massa dan perempuan merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Terutama dalam bisnis media televisi. Banyaknya stasiun televisi yang berlomba-lomba dalam menyajikan sebuah program agar diminati oleh masyarakat membuat mereka mengemas program tersebut semenarik mungkin salah satunya dengan melibatkan perempuan. Perempuan menjadi kekuatan  media untuk menarik perhatian masyarakat. Bagi media massa tubuh perempuan seolah aset terpenting yang harus dimiliki oleh media untuk memperindah suatu tayangan yang akan disajikan kepada masyarakat sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

     Media massa memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai wadah untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Informasi yang diberikan kepada masyarakat salah satunya dalam bentuk iklan sebuah produk atau layanan jasa . Iklan merupakan sebuah informasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai hal yang berhubungan dengan suatu produk atau jasa yang dikemas dengan semenarik mungkin.  Memiliki tujuan untuk menarik minat konsumen membuat salah satu pihak menjadi dirugikan . Pasalnya pemasang iklan dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat sering kali memanfaatkan perempuan sebagai objek  utama untuk memikat para konsumen. Memanfaatkan wajah dan bentuk tubuh sebagai cara untuk menarik perhatian masyarakat membuat citra perempuan yang dimuat pada iklan terus menjadi sumber perdebatan karena dinilai menjadikan tubuh perempuan sebagai nilai jual atas produk yang ditawarkan . Ironisnya hal ini terus menerus dilakukan. 

         Memanfaatkan fisik sebagai objek untuk diekploitasi sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Terlihat dari citra perempuan yang digambarkan oleh tayangan iklan ataupun acara program televisi. Kecantikan perempuan dijadikan sebagai penghias tampilan dari suatu program acara. Dipoles sedemikian rupa untuk mendapatkan tampilan yang cantik kemudian dikonsumsi oleh publik. Demi untuk mengedepankan kepentingan media bahkan hak hak perempuan yang seharusnya dimiliki mereka dikesampingkan oleh media .  

     Selain sebagai wadah informasi untuk masyarakat media massa juga berfungsi sebagai hiburan.. Tayangan televisi yang sampai saat ini menempati rating tertinggi yaitu dalam kategori sinetron. Gambaran dalam tayangan tersebut banyak yang melibatkan perempuan dengan menggambarkan posisi perempuan selalu dibawah laki-laki. Tidak terlalu memperhatikan  pesan tersirat apa yang terkandung dalam tayangan tersebut, masyarakat terus-menerus mengkonsumsinya seolah tayangan tersebut tidak memiliki pesan yang bermasalah. Jika diperhatikan lebih lanjut banyak sekali peran perempuan yang digambarkan dari sisi lemahnya atau hanya melakukan pekerjaan domestik saja. Dengan begitu apa yang disajikan oleh media akan tertanam difikiran mereka sehingga menganggap pesan media massa sebagai realitas yang benar dan menjadi nilai yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 Kekuatan Media Massa Dalam Membentuk Citra Perempuan

      Media massa memiliki kemampuan dalam membentuk citra . Bermula dari gambaran atas kenyataan yang ada dimasyarakat kemudian dikembangkan dengan menggunakan bahasa yang mengandung makna baru  namun masih memiliki acuan terhadap fakta yang ada kemudian disajikan kepada masyarakat secara terus menerus.  Dengan begitu citra yang dibentuk oleh media massa akan mempengaruhi realitas kehidupan dimasyarakat. Mengingat minat masyarakat terhadap objektifikasi perempuan cukup tinggi, media massa berlomba-lomba membentuk citra perempuan yang sempurna untuk mencapai target pasar dengan menggiring opini publik dalam menetapkan standar ‘cantik’ menurut media. Perempuan kerap kali dijadikan alat oleh media massa sebagai ladang untuk mendapatkan keuntungan dengan menampilkan kemolekan dan kecantikan fisiknya. Konstruksi sosial pada citra perempuan yang terjadi pada media massa bukan lagi hal baru dan tabu, fenomena ini terus berulang seolah menjadi kebenaran dalam mengkotakkan citra perempuan. 

     Selain itu pembenaran yang terus dilanggengkan oleh media massa terkait citra perempuan menjadikan sudut pandang masyarakat berkiblat pada standar yang digaungkan media massa tersebut sehingga menjadi salah satu agen budaya yang berpengaruh terhadap realita di kehidupan masyarakat.  Penggambaran terhadap perempuan oleh media massa semakin memperjelas bahwa posisi perempuan diranah publik masih lemah.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Twitter

Trending