Connect with us

Berita

Dukungan kepada P3A Lentera Hati

Published

on

Dokumentasi pertemuan rutin di dusun oleh P3A Lentera Hati

Oleh Safitri, Wasem Bilial Iqsom, Darmilah

Pada awal terbentuknya organisasi P3A Lentera Hati di Desa Berta tidak serta merta mendapat respon positif. Berbagai upaya koordinasi pun selalu dilakukan dengan terus melakukan pendekatan. Koordinasi dengan Pemerintah Desa Berta merupakan strategi yang harus ditempuh. Hal ini bertujuan agar pemerintah tanggap dan merespon beragam persoalan perempuan dan anak. Berbagai upaya terus dilakukan oleh anggota P3A Lentera Hati dan selalu didampingi oleh Mitra Wacana WRC dengan harapan ada regulasi yang berpihak pada kaum perempuan dan anak di Desa Berta.

Kehadiran organisasi P3A Lentera Hati di tengah-tengah masyarakat dan pemerintah mengalami berbagai macam fase. Namun sesuai dengan visi dan misi P3A Lentera Hati yakni, “Demi terwujudnya masyarakat yang adil, demokratis, pluralis, dan egaliter,” P3A Lentera Hati terus berjuang dengan upaya melakukan berbagai sosialisasi ke sekolah-sekolah dan masyarakat. Satu hal yang membuat P3A Lentera Hati yakin, kesadaran dan kebutuhan informasi akan membuat P3A Lentera Hati diterima oleh Pemerintah Desa Berta.

Akhirnya sekarang Pemerintah Desa Berta memberi peluang dan dukungan kepada P3A Lentera Hati. P3A Lentera Hati diberi fasilitas sebuah gedung kecil. Gedung Kecil tersebut diberi nama “Bilik Konseling dan Taman Belajar Masyarakat (TBM) oleh P3A Lentera Hati. Pemerintah Desa melalui dana desa juga memberikan anggaran kepada P3A Lentera Hati sebesar dua juta rupiah.

Dengan segudang harapan agar keberadaan P3A Lentera Hati benar-benar dapat menjadi seberkas harapan untuk kemajuan kaum perempuan di Desa Berta. P3A Lentera Hati akan berusaha menguatkan kelompoknya untuk terus melakukan berbagai upaya dalam menggerakkan peran aktif kelompok perempuan, termasuk dalam bidang kegiatan ekonomi produktif. Transformasi informasi terus dilakukan, tentunya masih dalam dampingan dan bimbingan Mitra Wacana WRC yang bertugas di Desa Berta.

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepala Desa Cokrodiningratan dan Kader Bumijo terbantu dengan program Pekerti dari Mitra Wacana

Published

on

Rabu (15/05/19), Mitra Wacana bersama Kepala Desa Cokrodiningratan Narotama dan Kader Perempuan Bumijo Ibu Kokom berbincang dalam talkshow di Radio Sonora 97.4 FM Jogja dengan Tema “Hari Keluarga Internasional, dampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Narotama mengatakan peran kader sangat penting bagi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam meyampaikan informasi layanan kesehatan reproduksi bagi perempuan. Di sisi lain Bu Kokom juga mengatakan sangat terbantu dengan adanya proses pembelajaran dari Mitra Wacana dengan program Pekerti, sehingga kader banyak mendapat pembelajaran terkait informasi dan cara penyampaian yang tepat bagi masyaratkat. Narotama juga menambahkan sekarang kelurahan Cokrodiningratan juga melakukan inovasi melalui grup Whatsapp deteksi dini ibu dengan gangguan kehamilan. Sehingga bila terdapat ibu hamil yang terdeteksi gangguan dini dapat langsung ditangani bersama kader.

Continue Reading

Trending