Connect with us

Berita

Catatan Kecil, Peringatan Hari Buruh

Published

on

May-day-photo

1 Mei adalah hari buruh Internasional. Dimana pada tanggal ini banyak sekali para buruh sedunia akan merayakannya. Dan tak terkecuali di Indonesia. Umumnya peringatan ini diisi dengan demonstrasi dan orasi sebagai cara memperjuangkan hak dan perlindungan pekerja. Ini merupakan bentuk ekspresi dalam alam demokrasi.

Setidaknya ada 5 tuntutan dari aksi tersebut :
1. Kenaikan upah
2. Menjadikan 1 Mei menjadi hari libur nasional
3. Penghapusan system outsourcing
4. Memberlakukan segera system jaminan social yang sudah diundangkan.
5. Syahkan RUU PRT

Sejak 15 tahun yang lalu, Indonesia telah meratifikasi konvensi ILO No. 87 tentang kebebasan berserikat buruh. Banyak hal positif positif yang dicapai oleh gerakan buruh Indonesia, meskipun di sisi lain masih banyak membutuhkan perbaikan.
Dari sekian banyak persoalan buruh, isu yang paling menarik direnungkan, masih banyak tindak kejahatan seksual yang kerap diterima oleh para buruh wanita. Di Jakarta, terdapat sekitar 80.000 orang buruh. Sebanyak 90 persen dari angka tersebut merupakan buruh wanita dan 75 persen buruh wanita yang ada di Jakarta telah mengalami kekerasan seksual.

Dari catatan tahunan yang dikeluarkan oleh Komnas Perempuan tahun 2012, terdapat 216.156 kasus kekerasan seksual. Di antaranya diterima oleh buruh wanita sebanyak 2.521. Angka itu berdasar kepada buruh wanita yang melaporkan kejadian yang dialaminya. dan persoalan kekerasan terhadap buruh perempuan itu ibaratnya seperti gunung es. Harapan kita semua dengan peringatan may day ini, kasus kekerasan terhadap buruh bisa menurun. dan kesejahteraan buruh meningkat. Hidup Buruh, perjuangan masih panjang.

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending