Connect with us

Berita

Mendidik Anak Tanpa Kekerasan

Published

on

anti_kekerasan

Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Keadaan masa depan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh keadaan generasi mudanya pada saat ini. Mereka adalah agen perubah (agen of change) yang akan menjadi salah satu penentu terpenting masa depan bangsa kita. Kondisi umum mereka sekarang masih lemah dan belum bisa melakukan banyak hal, juga belum bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat. Namun demikian potensi yang ada di dalam mereka akan sangat mempengaruhi maju mundurnya suatu bangsa kemudian hari. Di tangan merekalah masa depan bangsa kita dipertaruhkan.

Komisi Nasional Perlindungan Anak mencatat 61,4% pelaku kekerasan adalah orang tuanya sendiri. Bahkan tak jarang orang tua tega melakukan penganiayaan terhadap anaknya yang di luar akal sehat manusia. Kondisi yang memprihatinkan ini bisa terjadi di sekitar kita. Kita semua harus bertindak, kita juga turut bertanggung jawab untuk mewujudkan lingkungan yang aman bagi tumbuh kembang anak, yang dimulai dari keluarga.

Pola asuh anak yang penuh cinta dan tanpa kekerasan sangat mutlak dibutuhkan untuk menjamin pertumbuhan anak yang sehat secara jasmani dan rohani sesuai umurnya.pola asuh ini berusaha memberikan hak hak anak secara maksimal, dengan mengutamakan komunikasi dua arah.Pola asuh ini biasanya tidak berbasis pada hasil, tetapi sangat menghargai proses.

Dengan terpenuhinya hak hak anak, maka anak akan tumbuh menjadi anak yang mandiri, berhasil menjadi dirinya sendiri, sehingga siap menyongsong masa depan dan membangun bangsa 🙂

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Berita

Kepada Desa & Kader Tegalrejo sangat Fokus dalam Peningkatan Kesadaran Informasi Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

Published

on

Senin (20/05/2019), Kepala Desa Tegalrejo Juwairiyah dan Kader Tegalrejo Triyaningsih mengisi talkshow di Radio SMART 102.1 FM Jogja bersama Mitra Wacana. Dalam talkshow tersebut bertemakan “Pendampingan kader di desa dalam meningkatkan kesadaran pentingnya penyampaian informasi Kesehatan Reproduksi bagi perempuan”. Juwairiyah mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami informasi kesehatan reproduksi. Juwairiyah juga mengatakan dalam pengalokasian anggaran desa Kelurahan Tegalrejo sangat fokus dalam pemberdayaan SDM-nya, terkait meningkatkan pemahaman masyarakat dalam kesehatan reproduksi. Selain itu Ketua kader Tegalrejo Triyaningsih juga mengatakan, setiap harinya kegiatan kader kesehatan di Kelurahan Tegalrejo sangat padat dan penuh dengan kegiatan pemberdayaan dari remaja hingga masyarakat secara keseluruhan. Triyaningsih juga menambahkan, pihaknya sangat menekankan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini dalam keluarga, secara bertahap dari luang lingkup kesehatan alat reproduksi, pengenalan organ reproduksi, dan lain sebagainya. Harapanya di Kelurahan Tegalrejo tidak ada lagi kehamilan yang tidak diinginkan maupun angka kematian ibu dan bayi.

Continue Reading

Trending